Total 19 warga Sumbar dari Sudan sudah sampai di Padang

id sudan,warga sumbar,evakuasi

Total 19 warga Sumbar dari Sudan sudah sampai di Padang

Kepala Biro Kesra Sumbar, Al Amin menyambut kepulangan warga Sumbar dari Sudan yang sampai di BIM. (ANTARA/Biro Kesra Sumbar)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 19 orang warga Sumatera Barat yang dievakuasi dari Sudan sudah sampai di Kota Padang dalam tiga gelombang dengan bantuan pemerintah daerah.

Kepala Biro Kesra Sekretariat Provinsi Sumbar, Al Amin, di Padang, Rabu, mengatakan gelombang terakhir sebanyak empat orang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 13.00 WIB.

"Empat orang terakhir sampai di BIM hari ini pukul 13.00 WIB. Mereka langsung diberangkatkan ke kediaman masing-masing," katanya.

Ia menyebut proses kepulangan warga Sumbar itu dimulai dari upaya evakuasi 385 WNI dari Sudan melalui Jeddah, Arab Saudi, oleh Pemerintah Pusat.

Dari 385 WNI itu, diantaranya 25 orang warga Sumbar. Namun, dari 25 orang itu hanya 19 orang yang berdomisili di Sumbar sementara enam orang lain berdomisili di provinsi lain.

"Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta pemerintah daerah membantu kepulangan 19 orang itu dari Jakarta ke Padang dengan pesawat. Kita berkoordinasi dengan Baznas untuk melaksanakannya," katanya.

Ia mengatakan kepulangan gelombang pertama membawa empat orang dewasa dan satu bayi pada Minggu (30/4). Gelombang kedua 10 orang pada Selasa (2/5) dan gelombang tiga, empat orang pada Rabu (3/5).

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama proses pemulangan warga Sumbar dari Sudan.

Sementara itu, salah seorang warga yang dipulangkan Ilmi (24th) menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu proses kepulangannya setelah sekian hari berada dalam situasi menegangkan akibat perang saudara di Sudan.

"Terima kasih banyak atas segala bantuan hingga kami bisa kembali berkumpul dengan keluarga," katanya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Total 19 warga Sumbar dari Sudan sudah sampai di Padang