Pemkab Pasaman Barat ingatkan orang tua pantau anak bermain di pantai

id Larangan anak anak mandi ketengah pantai

Pemkab Pasaman Barat ingatkan orang tua pantau anak bermain di pantai

Salah satu spanduk atau papan pengumuman kepada pengunjung yang dibuat panitia di Pantai Sikabau Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka menjaga keselamatan pengunjung saat libur Lebaran 2023. 

Pasaman Barat, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengingatkan para orang tua untuk selalu memantau anak-anaknya yang bermain di pantai termasuk di Pantai Sikabau saat libur Lebaran 2023.

"Spanduk dan papan pengumuman dipasang di setiap sudut lokasi Pantai Sikabau. Selain itu juga ada anggota kelompok sadar wisata dan petugas gabungan memantau dan mengingatkan pengunjung agar hati-hati," kata Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Fajri di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya, keselamatan pengunjung merupakan sesuatu yang utama bagi pengelola selain upaya menarik minat pengunjung untuk datang.

Ia mengatakan spanduk dan papan pengumuman dibuat dengan memberikan imbauan agar orang tua memantau anak-anaknya saat bermain di pantai.

Selain itu anak-anak juga dilarang berenang ke tengah pantai agar tidak tenggelam dan membahayakan jiwa.

"Mudah-mudahan pengunjung memperhatikan pengumuman itu sehingga keselamatan dapat terjaga," katanya.

Di Pantai Sikabau sendiri, katanya, tingkat kunjungan cukup tinggi selama libur Lebaran 2023 ini.

"Untuk hari ini saja ada sekitar 5.000 orang pengunjung. Kemungkinan puncak kunjungan akan terjadi pada Selasa (25/4)," katanya.

Pihaknya juga telah melatih puluhan tenaga dari pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata bersama Basarnas beberapa waktu lalu bagaimana memberikan pengamanan dan penanganan jika terjadi kecelakaan seperti ada yang terbenam atau hanyut.

Anggota kelompok sadar wisata di nagari wisata seperti di Sasak, Sikabau dan Air Bangis telah dilatih dan mereka siap untuk menjaga pengunjung.

"Kami mengharapkan anggota kelompok sadar wisata dapat bekerja maksimal demi kenyamanan pengunjung," katanya.

Pihaknya memberdayakan pemuda lokal dikarenakan merekalah yang mengetahui lokasi yang berbahaya di objek wisata itu sehingga bisa mengingatkan pengunjung.

Meskipun ada tenaga kelompok sadar wisata, tentu pihaknya mengharapkan kerja sama yang baik dengan pengunjung terutama para orang tua untuk memperhatikan anak-anaknya bermain di pantai.

Untuk Lebaran 2023 ada tiga destinasi wisata yang mengadakan pekan seni budaya yakni di Pantai Sasak, Sikabau dan Pantai Air Bangis.