UM Sumatera Barat optimistis raih akreditasi unggul

id UM Sumatera Barat,Sumbar

UM Sumatera Barat optimistis raih akreditasi unggul

Wakil Rektor UM Sumatera Barat Dr Mursal (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) menyatakan optimistis meraih akreditasi unggul di setiap program studi yang ada di kampus tersebut sehingga membawa mereka menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumbar.

Wakil Rektor UM Sumatera Barat Dr Mursal di Padang, Rabu mengatakan saat ini Program Studi (Prodi) Pasca Sarjana UM Sumatera Barat berhasil meraih akreditasi unggul. Sedangkan Prodi hukum, fakultas pertanian nyaris unggul.

"Dalam waktu dekat predikat unggul ini akan kita raih dengan memenuhi segala persyaratan untuk itu," kata dia.

UM Sumatera Barat sendiri memiliki 12 Fakultas dan 27 program studi yang dapat dipilih calon mahasiswanya. Selain menyandang akreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, UM Sumatera Barat juga merupakan perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Sumatera Barat.

Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh UniRank (University Ranking) suatu lembaga penilai peringkat Universitas dari Australia.

Selain menyandang gelar sebagai perguruan swasta terbaik kedua di Sumatera Barat, UM Sumatera Barat semakin berkilau dengan banyaknya mahasiswa berprestasi yang dimiliki, baik prestasi bidang akademik maupun non akademik, mulai dari prestasi tingkat kota.

"Kita terus melakukan pembenahan agar kampus ini lebih berkembang dan maju," kata dia.

Ia mengatakan pada saat ini sudah 500 mahasiswa baru juga telah membuka akun pendaftaran, 50 persen diantaranya lakukan daftar ulang.

Menurut dia jumlah ini cukup banyak mengingat kapasitas yang diterima maksimal 1.500 orang untuk tahun ini.

"Sejauh ini fakultas hukum dan fakultas teknik menjadi primadona namun secara perlahan-lahan seluruh fakultas yang ada diminati calon mahasiswa. Kita terus berbenah memperkuat sumber daya manusia dan sarana prasarana untuk mendukung program kita," kata dia.

Ia juga menyampaikan wisuda akan digelar awal Mei mendatang, dimana lokasi acara tetap memberdayakan fasilitas kampus yakni Convention Hall Ahmad Syafei Maarif.