BBPOM Padang awasi penjualan kue jelang Lebaran

id BBPOM,Padang,Sumbar

BBPOM Padang awasi penjualan kue jelang Lebaran

Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim bersama tim memeriksa kue Lebaran di salah satu swalayan di Kota Padang. ANTARA/HO-BBPOM Padang

Padang (ANTARA) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengawasi penjualan beragam kue serta parsel menjelang Lebaran 2023 untuk memastikan keamanan pangan yang beredar di masyarakat.

"BBPOM Padang telah menurunkan tim ke sarana penjualan kue, toko, hingga swalayan untuk mengawasi serta memeriksa kue yang dijual ke masyarakat," kata Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim di Padang, Senin.

Ia mengatakan setidaknya dalam dua tahun terakhir telah memeriksa sampel dari puluhan toko dan gerai di Padang, sedangkan hasilnya dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

"Pengawasan serta pemeriksaan masih terus kami lakukan secara rutin sampai hari ini dan beberapa hari ke depan, ke seluruh wilayah kerja BBPOM Padang," katanya.

Abdul Rahim menyebutkan pengawasan tidak hanya terhadap produk industri namun mencakup kue-kue Lebaran yang diproduksi secara rumahan dan industri rumah tangga.

Pihaknya mengimbau kepada para produsen penganan Lebaran agar membuat makanan dari bahan berkualitas, diolah secara bersih, higiene-sanitasi, serta dikemas dengan bersih dan baik.

Ia mengajak masyarakat menjadi konsumen cerdas saat membeli penganan serta parsel dengan cara mengenali tempat berbelanja, sehingga kalau ada yang tidak sesuai bisa dikomplain secara langsung.

"Sementara untuk kue-kue Lebaran juga sudah banyak yang terdaftar sebagai pangan industri rumah tangga, konsumen tinggal memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk," katanya.

Abdul Rahim menjelaskan pengawasan yang dilakukan BBPOM Padang menjelang Lebaran saat ini sebagai lanjutan tugas yang telah dilakukan sejak awal Ramadhan 1444 Hijriah.

Sebelum Ramadhan, pihaknya fokus ke pengawasan bahan baku, distributor. Saat masuk bulan puasa maka pengawasan beralih ke pangan kemasan di gerai dan "Pasar Pabukoan", tempat penjualan berbagai takjil.

"Sekarang saat memasuki masa akhir Ramadhan dan menjelang Lebaran maka fokus BBPOM beralih ke kue-kue Lebaran dan parsel," katanya.