Pemudik mengaku hemat BBM ikuti mudik gratis motor gunakan kapal laut

id Pelni, mudik gratis, hemat BBM

Pemudik mengaku hemat BBM ikuti mudik gratis motor gunakan kapal laut

KM Dobonsolo milik PT Pelni memberangkatkan peserta mudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (15/4/2023). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Pemudik mengaku dapat menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) dengan mengikuti program mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut.

"Iya terbantu banget, pengeluaran perjalanan terpangkas banyak soalnya," ucap Fauzi (23), pemudik dari Kabupaten Tangerang, Banten, tujuan Klaten, Jawa Tengah, saat berbincang dengan ANTARA di atas KM Dobonsolo di Jakarta, Sabtu (15/4) malam.

KM Dobonsolo milik PT Pelayaran Nasional Indonesia Persero (Pelni) memberangkatkan peserta mudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (15/4).

Pelni selaku operator diberikan kepercayaan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengangkut pemudik sepeda motor untuk periode Lebaran 2023.

Fauzi menceritakan bahwa pada periode Lebaran 2022, dia pernah melakukan perjalanan penuh naik sepeda motor dari kediamannya di Kabupaten Tangerang, Banten menuju Klaten maupun sebaliknya.

Namun, kata dia, biaya yang dikeluarkan selama perjalan tersebut juga tidak sedikit, terutama untuk BBM dan makan. Ia menghitung biaya yang dikeluarkan sekitar Rp500 ribu untuk pulang pergi.

"Hitungan kalau saya naik kapal ini ya ongkos paling Rp50-70 ribu buat bensin, ya tidak apa-apa, jadi terpangkasnya banyak banget, terbantu banget (program mudik gratis)," ungkap mahasiswa fakultas ilmu komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang tersebut.

Selain mendaftar untuk arus mudik, Fauzi juga telah mendaftar untuk arus balik dalam program tersebut untuk kepulangan pada Selasa (25/4).

"Untuk arus mudik naik kapal lagi, pulang pergi naik kapal berangkat sama balik sudah verifikasi biar sekalian juga hitung-hitung hemat duit juga," tuturnya.

Sebelumnya, Kemenhub membuka program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik.

Sedangkan arus balik pada 25 dan 28 April 2023 dengan rute Semarang ke Jakarta.

Total kuota untuk arus mudik yang disediakan, yakni kuota penumpang sebanyak 2.500 orang per hari dan kuota sepeda motor sebanyak 1.250 unit per hari. Dengan demikian total kuota mudik selama dua hari (15 dan 17 April) ialah 5.000 orang dan 2.500 motor.

Sedangkan kuota untuk balik yang disediakan juga 2.500 orang per hari dan 1.250 unit motor per hari.

Kemenhub menyatakan bahwa program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dalam rangka meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara (pantura).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemudik hemat BBM dengan ikuti mudik gratis motor gunakan kapal laut