Indonesia jamin keamanan tim Piala Dunia U-20 termasuk Israel

id timnas u20 israel,menpora zainudin amali ,pssi,erick thohir ,piala dunia u20

Indonesia jamin keamanan tim Piala Dunia U-20 termasuk Israel

Karakter Badak Jawa bernama Bacuya diperkenalkan sebagai maskot Piala Dunia U-20 2023 di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (18/9/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pemerintah menjamin keamanan semua tim peserta Piala Dunia U-20 2023, termasuk Israel, selama beraktivitas di Indonesia.

"Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan (Piala Dunia U-20 2023-red), terutama Pak Presiden (Joko Widodo)," ujar Menpora di Jakarta, Rabu.

Zainudin Amali menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mengantisipasi persoalan keamanan tersebut.

Bukan cuma itu, hal-hal lain seperti terkait hubungan antarnegara juga menjadi perhatian.

Untuk keamanan, Menpora menyebut bahwa itu ditangani Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

"Pada saatnya, Menkopolhukam pasti akan menyampaikan langkah-langkahnya (soal keamanan-red)," kata Menpora.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam penjaminan keamanan tim peserta Piala Dunia U-20 2023.

Erick menekankan bahwa itu merupakan domain pemerintah. PSSI, dia melanjutkan, fokus untuk mempersiapkan tim nasional.

"Kami fokus di penyelenggaraan (pertandingan) dan persiapan tim nasional," tutur pria yang juga Menteri BUMN tersebut.

Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023, Indonesia, setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Akan tetapi, kelolosan Israel tersebut tidak disambut positif oleh sebagian masyarakat Indonesia. Melalui media sosial, mereka menyuarakan agar pemerintah menolak Israel berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023.

Salah satu pihak yang kencang menyuarakan pendapat soal itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Israel diboikot berulang kali di pentas olahraga, PKS: Tolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia Sepak Bola U-20! Penjajahan si atas dunia harus dihapuskan!," tulis DPP PKS pada unggahannya di akun media sosial Twitter mereka, @PKSejahtera, Rabu (8/3), pukul 15.00 WIB.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah jamin keamanan tim Piala Dunia U-20 termasuk Israel