Bawaslu Dharmasraya apel siaga kawal hak pilih

id bawaslu dharmasraya,apel siaga kawal hak pilih,pemilu 2024

Bawaslu Dharmasraya apel siaga kawal hak pilih

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Dharmasraya Laila Husni (kanan) pimpin Apel Siaga Pengawasan Kawal Hak Pilih, di halaman Kantor Bawaslu Dharmasraya, di Pulau Punjung, Senin (27/2/2023). (ANTARA/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslul) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Apel Siaga Pengawasan Kawal Hak Pilih sebagai upaya pencegahan pelanggaran dalam tahapan Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Siaga kawal hak pilih dilaksanakan selama tahapan Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, melibatkan Panwaslu kecamatan hingga jajaran kelurahan desa," kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Laila Husni, di Pulau Punjung, Senin.

Apel Siaga Kawal Hak Pilih digelar di halaman Kantor Bawaslu Dharmasraya. Dihadari Ketua Bawaslu Syamsurizal, anggota Alde Rado, Koordinator Sekretariat Syamsul Herman beserta jajaran, dan perwakilan dua Panwaslu Kecamatan.

Ia mengatakan apel siaga pengawasan kawal hak pilih digelar sesuai Surat Intrusi Ketua Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang patroli pengawasan kawal hak pilih.

Ia menjelaskan patroli kawal hak pilih dilakukan untuk memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran Bawaslu atas kepatuhan KPU hingga pantarlih selama proses Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar pemilih berlangsung.

Kemudian, patroli kawal hal pilih juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam memastikan status hak pilih apakah sudah terdaftar untuk pemilu mendatang, terutama kepada pemilih rentan.

"Seluruh jajaran akan mendatangi pemilih rentan ini secara langsung, karena segmen ini dinilai berpotensi disalahgunakan, seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang sudah meninggal namun tetap masuk dalam daftar pemilih, ini yang akan kita pastikan ke depan," ujar dia.

Selain itu, kata dia Bawaslu Dharmasraya mendirikan posko keliling kawal hak pilih, posko keliling dilakukan dengan memasifkan kegiatan sosialisasi kepada kelompok masyarakat, seperti pelajar, komunitas, kelompok majelis taklim, dan lainnya.

"Seluruh jajaran juga diminta melakukan kegiatan patroli kawal hak pilih dengan menyesuaikan kearifan lokal dan kerawanan masing-masing wilayah," tambah dia.

Sementara, Ketua Panwaslu Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, Ruzi Rinaldi, menyatakan siap mendukung patroli pengawasan kawal hak pilih di wilayah kecamatan itu.

"Sesuai instruksi dari pimpinan Bawaslu Dharmasraya, kita sudah menggelar apel patroli pengawas kawal hak pilih hari ini, kami menekankan ke pada seluruh jajaran agar bagaimana dapat memahami dan melaksanakan instruksi dengan sebaik mungkin," katanya.