Sekretariat DPRD Sumbar gelar penguatan input data dan pelaporan realtime

id DPRD Sumbar,Sumbar,Sekwan

Sekretariat DPRD Sumbar gelar penguatan input data dan pelaporan realtime

Sekretariat DPRD Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi internal terkait tata cara penginputan dan pelaporan realiasi secara realtime dari Aplikasi Dashboard Pembangunan Sumbar. (ANTARA/HO DPRD Sumbar)

Padang (ANTARA) - Sekretariat DPRD Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi internal terkait tata cara penginputan dan pelaporan realiasi secara realtime dari Aplikasi Dashboard Pembangunan Sumbar.

Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis di Padang, Kamis mengatakan agar semua jenis pelaporan dilakukan secara benar, sesuai dengan aturan berlaku sehingga tidak ada kendala di kemudian hari.

Dirinya juga menegaskan sistem yang dilakukan sekretariat mengacu pada undang-undang keterbukaan informasi publik. Ini artinya tidak ditutup-tutupi, dan bisa diakses siapa saja kecuali informasi yang dikecualikan.

“Kita wajib membuat laporan sesuai ketentuan berlaku, tanpa harus ada yang ditutupi, karena ini perintah undang-undang dan aturan lainnya,” kata dia menegaskan.

Ia menambahkan saat ini DPRD Sumbar merupakan lembaga yang mendapat predikat terbaik dari KI Sumbar, dengan berbagai programnya, termasuk juga dengan sistem pelaporan saat ini.

“Dengan predikat informatif, menuntut untuk kita harus lebih terbuka dan benar dalam melakukan pelaporan,” kata dia.

Sementara Kabag Persidangan dan perundang-undangan Syahrir mengatakan semua sistem harus dilaksanakan dengan cermat, tentunya dengan mempelajari secara seksama sehingga tidak ada permasalahan dalam pelaporan.

“Semua program pelaporan dan lainnya memang harus dipelajari dengan cermat, karena ini akan dipergunakan secara rutin, agar tidak ada permasalahan dalam pelaporan, sesuai aturan berlaku,” kata dia.

Menurut dia secara umum atas perintah sekwan, semua program keterbukaan sudah bisa diakses oleh masyarakat luas, maka sistem pelaporan nantinya juga bisa dilakukan sama, karena bagian dari keterbukaan.

Dalam kegiatan tersebut Sekretaris DPRD Sumbar,Raflis menjadi narasumber yang didampingi Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Zardi Syahrir, Kabag Umum dan Keuangan Riswandi, juga Kasubag Rumah Tangga Udlil Iman Zul.