Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Tahun 2023, ini kata Bupati Agam Andri Warman

id Ketua PWI Pusat Atal S Depari ,Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Tahun 2023,Bupati Agam Andri Warman,berita agam,berita sumbar

Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Tahun 2023, ini kata Bupati Agam Andri Warman

Ketua PWI Pusat Atal S Depari menyerahkan Anugerah Kebudayaan kepada Bupati Agam Andri Warman di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Kamis (9/2). (Dok Antara/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman menerima Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2).

Anugerah Kebudayaan langsung diserahkan Ketua PWI Pusat Atal S Depari beserta sembilan kepala daerah lainnya di Indonesia, wartawan, tokoh pers dan lainnya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada PWI Pusat yang telah memberikan anugerah tersebut. Ini merupakan anugerah yang pertama kali diperoleh dan ini harus dipertahankan tahun depan," kata Andri Warman di Medan, Kamis (9/2).

Ia mengatakan, dari 500 kabupaten dan kota di Indonesia, Agam masuk dalam 10 besar dan hari ini menerima Anugerah Kebudayaan yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Selaku Bupati Agam, ia merasa bangga karena salah satu kabupaten dan kota yang mewakili Sumatera Barat.

Baca juga: Bupati Agam Andri Warman masuk 10 bupati/wali kota penerima Anugerah Kebudayaan PWI 2023

"Ini anugerah luar biasa yang kami terima, karena satu-satunya kabupaten dan kota di Sumbar mendapatkan anugerah itu," katanya.

Dalam acara anugerah itu ia berbicara tentang ketahanan pangan dengan mengambil studi kasus di Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh.

Dari 10 kabupaten dan kota yang menerima anugerah itu, Agam mengangkat tentang ketahanan pangan. Agam memiliki daerah yang sangat luas sekali di Sumbar.

Pasia Laweh mempertahankan perhutananya untuk ketahanan bagi masyarakat dan termasuk pertanian di Kecamatan Tilatangkamang.

"Daerah tersebut menjadi lumbung dan sumber padi terbaik di Agam," katanya.

Sementara Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengucapkan selamat kepada penerima anugerah saat memperingati HPN di Medan, Sumatera Utara pada 2023.

"Penghargaan diberikan itu bentuk apresiasi dan ini merupakan rangkaian kegiatan HPN yang diadakan semenjak 6-10 Februari 2023," katanya.

Ia mengatakan, ada 40 kegiatan yang diadakan selama HPN 2023 berupa pameran pers, hiburan rakyat, bakti sosial, anugerah kebudayaan dan lainnya.

HPN ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat di Medan.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan terimakasih kepada wartawan yang telah memberikan kontribusi terhadap negara.

"Kontribusi wartawan menyuarakan kemerdekaan, pembangunan dan lainnya. Insan pers juga membuka harapan orang, sehingga bisa menjadi orang terkenal seperti saya dari orang biasa menjadi presiden," katanya.

Memasuki tahun politik, media masa harus bersikap independensi dan tidak berpihak. Setelah itu mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 yang jujur dan adil. (*)