Kapolda ajak masyarakat terlibat ciptakan Kamtibmas

id Polda Sumbar,kamtibmas,irjen pol suharyono

Kapolda ajak masyarakat terlibat ciptakan Kamtibmas

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memberikan pesan Kamtibmas saat program Jumat Curhat di Kota Padang (ANTARA/HO Polda Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat mengajak masyarakat agar terlibat aktif dalam menciptakan situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan tempat tinggal mereka.

"Tentunya bantuan masyarakat sangat membantu kami Polri dalam memenuhi keamanan dan ketertiban untuk masyarakat sumbar," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat program Jumat Curhat di Padang, Jumat.

Ia juga mengajak umat muslim yang menjalankan ibadah Sholat Jumat untuk menjaga kebersamaan, menjaga lisan dan perilaku, serta jangan sampai terpecah belah.

"Jangan menyebarkan hoaks, jangan menggosip, jangan menyebarkan fitnah, jangan bersifat sombong," kata dia.

Ia mengingatkan seluruh yang dimiliki saat ini merupakan titipan Allah SWT dan semua akan berpulang kepada sang pencipta.

Ia mengatakan bahwa atas nama pimpinan Polri menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah menjaga keamanan, baik pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

"Kami adalah saudara dari rekan-rekan sekalian. Kami siap melayani rekan-rekan semua," kata dia.

Ia mengatakan jumlah polisi di Sumbar ini 10.500 orang namun penduduknya mencapai 5 juta orang sehingga perlu kemitraan yang kuat dengan masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban.

Kapolda Sumbar menjalankan program Jumat Curhat yang telah dilaksanakan menjadi sarana memperkuat komunikasi kepolisian dengan masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban.

"Program ini menjadi efisien dan efektif karena masyarakat di sini berkumpul untuk menjalankan ibadah Sholat Jumat, kita selipkan di sana pesan kamtibmas dan diskusi langsung dengan masyarakat,' kata dia.

Warga Sumatera Barat mayoritas memeluk agama Islam yakni sekitar 97,7 persen sehingga pendekatan melalui Jumat Curhat ini menjadi tepat dalam mengajak masyarakat ikut terlibat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Namun untuk warga nonmuslim, pihaknya juga melakukan diskusi dan menyampaikan pesan kamtibmas melalui kegiatan silaturahmi," kata dia.

Menurut dia Saat Sholat Jumat masyarakat datang dan pihaknya tidak perlu mempersiapkan tempat, undangan, makanan atau ruangan yang menyejukkan namun pesan Kamtibmas dapat tersampaikan dengan baik.

"Warga bisa langsung menyampaikan keluhan Kamtibmas yang mereka rasakan langsung ke Kapolda atau Kapolres di kota dan kabupaten. Sasarannya adalah membangun kemitraan antara Polri dengan masyarakat agar menjadi lebih baik," kata dia.

Kapolda juga menyerahkan bantuan berupa satu alat penghisap debu dan uang untuk kebutuhan masjid Jamiatul Huda Kataping serta juga memberikan tali asih kepada marbot dan petugas yang biasa membersihkan mesjid.

Dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut, Kapolda Sumbar didampingi Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim, Karo SDM Kombes Pol Sonny Mulvianto Utomo, dan Kabid Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan.