Wabup Pessel minta desa wisata terus berinovasi

id desa wisata,pesisir selatan,sumatera barat

Wabup Pessel minta desa wisata terus berinovasi

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Heriyansyah. (ANTARA/HO)

Jakarta, (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, meminta nagari atau desa wisata mampu berinovasi dalam menumbuhkembangkan potensi yang ada di daerah.

Hal itu diharapkan karena telah ditetapkan beberapa desa wisata sejak beberapa tahun terakhir di Kabupaten Pesisir Selatan dengan tujuan agar potensi yang ada itu bisa dijadikan sebagai andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa wisata tersebut, katanya di Painan, Minggu (29/1).

Ia mengatakan hingga saat telah terdapatnya 15 desa wisata di Pesisir Selatan

Memasuki tahun 2023, katanya semua desa wisata di Pesisir Selatan tetap terus melakukan pengembangannya melalui peran aktif masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada.

Ia mengatakan objek wisata yang ada di Pesisir Selatan memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan sehingga perlu lebih ditingkatkan pengelolaannya.

"Dari itu tahun 2023 ini saya berharap kepada pelaku wisata di desa wisata agar lebih berinovasi lagi dalam menciptakan tujuan wisata baru," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa desa wisata merupakan desa yang memiliki potensi serta daya tarik wisata yang khas dan unik.

"Keunikan itu berupa karakter fisik lingkungan dan pedesaan, maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan yang dikelola dan dikemas secara menarik dan juga alami," ujarnya

Kemudian untuk mengembangkan fasilitas pendukung wisatanya, desa wisata juga harus memiliki pengelolaan yang baik serta terencana, sehingga siap untuk menerima kunjungan wisatawan.

"Selain itu, desa wisata juga harus mampu menggerakkan aktivitas ekonomi pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.