PPM Sumbar targetkan bisa gelar Latsarmil dua kali dalam setahun

id pemuda panca marga,latsarmil,payakumbuh

PPM Sumbar targetkan bisa gelar Latsarmil dua kali dalam setahun

Ketua PD PPM Sumatera Barat Wahyu Iramana Putra saat mengecek kesiapan Resimen Yuda Putra PC PPM Kota Payakumbuh selama delapan hari di Batalyon 131/Braja Sakti. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh  (ANTARA) - Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Provinsi Sumatera Barat menargetkan bisa menggelar Pelatihan Dasar Militer (Latsarmil) bagi generasi muda dua kali dalam setahun.

Ketua PD PPM Sumbar Wahyu Iramana Putra di Payakumbuh, Kamis, mengatakan target pelaksanaan Latsarmil dua kali dalam setahun setelah tingginya antusiasme masyarakat untuk ikut 47 orang anggota Resimen Yuda Putra PC PPM Kota Payakumbuh selama delapan hari di Batalyon 131/Braja Sakti.

"Saya berjanji akan melakukan itu. Bahkan tadi Danyon menyebut akan langsung menjadi pembina untuk kegiatan Latsarmil. Target kita dua kali setahun," kata dia.

Ia mengatakan untuk tempat pelaksanaanya nanti bisa saja di Kabupaten Limapuluh Kota, Pasaman atau daerah lain di Sumbar.

"Tapi Kota Payakumbuh ini saya jadikan basis, karena Payakumbuh ini terkenal dengan daerah perjuangan," ujarnya.

Ia mengatakan pada Latsarmil di Kota Payakumbuh yang digelar selama delapan hari di Batalyon 131/Braja Sakti itu peserta diajak untuk mengenal kedisiplinan, peraturan baris-berbaris, wawasan kebangsaan.

"Serta kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bela negara, sejarah perjuangan, sejarah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan lainnya," kata mantan wakil ketua DPRD Kota Padang itu.

Disampaikannya bahwa sejarahnya PPM itu lahir dari LVRI dan berharap kepada seluruh anggota PPM untuk selalu bersikap baik, disiplin, dan menjaga nama baik LVRI.

"Mulai detik ini adik-adik semua harus menghargai LVRI dan jangan sekali-kali melupakan sejarah" katanya.

Pada kesempatan itu dia juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi yang telah menyisikan pokok-pokok pikirannya (Pokir) untuk pelaksanaan kegiatan Latsarmil di Payakumbuh.

"Kegiatan ini bisa terlaksana atas bantuan Bapak Supardi, Ketua DPRD Sumbar yang kebetulan juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan PD PPM Sumbar. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Batalyon 131 Braja Sakti yang telah memberikan pendidikan kepada adik-adik kami ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD LVRI Sumbar, Kolonel TNI (Purn) Amir Syarifuddin mengajak generasi muda untuk ikut Latsarmil karena akan mampu meningkatkan kedisiplinan dan rasa persatuan generasi muda.

"Pesan saya kepada peserta Latsarmil agar seluruh ilmu yang didapat baik secara fisik, mental dan sebagainya betul-betul dapat dihayati," ujarnya.

Usai mengikuti Latsarmil, sebanyak 47 peserta langsung otomatis masuk sebagai Komponen Cadangan atau Pasukan Cadangan Militer guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.