Baznas Dharmasraya bantu Rp50 juta untuk Cianjur

id baznas dharmasraya, berita dharmasraya, berita sumbar

Baznas Dharmasraya bantu Rp50 juta untuk Cianjur

 Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan (tengah) dan Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis (dua kiri) saat menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korba gempa Cianjur melalui Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (26/11/2022). (Antara/HO-Baznas Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), menyalurkan bantuan Rp50 juta untuk korban korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis, di Pulau Punjung, Sabtu, mengatakan bantuan yang diberikan adalah bentuk solidaritas sesama dalam membantu meringankan beban korban yang tertimpa musibah.

"Bantuan ini secara simbolis telah kita serahkan melalui pemerintah daerah Dharmasraya hari ini, untuk kemudian pemda akan menyalurkan ke titik-titik lokasi yang membutuhkan," katanya.

Ia mengemukakan bantuan yang diberikan Baznas diambilkan dari dana zakat pada program Dharmasraya Peduli bagian tanggap bencana.

Ia mengatakan rencana awal Baznas ikut berpartisipasi menyalurkan bantuan dua ekor sapi yang digabungkan dengan program satu ton randang untuk peduli Cianjur dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

"Setelah beberapa pertimbangan dan putusan rapat pimpinan Baznas, maka disepakati kita berikan bantuan dalam bentuk uang tunai," katanya.

Dari laporan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman gempa 10 km.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat (25/11) telah menyebabkan 310 orang meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah korban luka-luka hingga Kamis sore ini mencapai 2.046 orang sedangkan jumlah pengungsi sebanyak 62.545 orang.

Bencana tersebut juga mengakibatkan kerusakan banyak rumah penduduk serta menyebabkan banyak orang terluka dan mengungsi.