Bukittinggi Juarai Lomba Masak Serba Ikan se-Sumbar

id Lomba Masak Serba Ikan se-Sumbar,Forikan Bukittinggi,Berita sumbar,GEMARIKAN

Bukittinggi Juarai Lomba Masak Serba Ikan se-Sumbar

Bukittinggi menjadi yang terbaik dalam lomba masak ikan se Sumatera Barat (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Bukittinggi panen juara di lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat, Bukittinggi menjadi yang terbaik dari seluruh kategori yang dilombakan.

Ketua Forikan Bukittinggi, Fiona Erman Safar di Bukittinggi, Senin, mengatakan dalam lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumatra Barat 2022 yang diikuti seluruh Kabupaten Kota, Bukittinggi berhasil di kategori menu keluarga TP PKK dan empat lainnya.

Juara satu menu kudapan TP PKK, menu balita TP PKK, menu keluarga lomba inovasi makanan berbahan baku ikan dari umum dan di menu kudapan lomba inovasi makanan berbahan baku ikan dari umum.

“Hal ini tentu membuktikan bahwa Bukittinggi inovatif dalam menciptakan menu masak ikan sehingga kreatifitas ini dapat menjadi juara umum dalam lomba tingkat provinsi, tapi lebih dari itu, bagaimana masyarakat Bukittinggi lebih paham tentang manfaat ikan," kata dia.

Menurutnya, lomba itu juga bertujuan agar bagaimana kader forikan lebih gencar sosialisasikan peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

Fiona juga menyampaikan, melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

“Terima kasih pada tim forikan Bukittinggi yang telah memberikan hasil terbaik untuk Kota yang kita cintai, kita harus siapkan diri untuk lomba masak serba ikan tingkat nasional untuk kategori menu keluarga, menu kudapan dan menu Balita, untuk mewakili Sumatera Barat tahun 2023 mendatang,” ujarnya

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Melwizardi, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja forikan Bukittinggi yang telah berusaha maksimal dalam menciptakan kreatifitas dalam lomba masak serba ikan tingkat provinsi Sumatra Barat.

“Alhamdulillah kerja keras kita semua membuahkan hasil. Forikan Bukittinggi berhasil meraih hasil yang sangat luar biasa di bawah arahan Ketua Forikan Bukittinggi, Ibuk Fiona Erman Safar. Semoga nantinya, untuk lomba tingkat nasional, kita juga meraih hasil terbaik dan menjadi juara satu di Indonesia,” kata dia.