Forikan Pesisir Selatan kembali menghelat Lomba Masak Serba Ikan

id Forum Peningkatan Konsumsi Ikan,Forikan Pesisir Selatan,Berita pessel,Berita sumbar

Forikan Pesisir Selatan kembali menghelat Lomba Masak Serba Ikan

Wabub Rudi Hariansyah membuka kegiatan lomba masak serba ikan yang diselengarakan organisasi Forikan Kab Pessel di Auditorium Painan Convention Centre (PCC), Juma'at siang ini

Painan (ANTARA) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Pesisir Selatan kembali menghelat Lomba Masak Serba Ikan untuk Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan sebagai upaya guna mendorong dan memotivasi masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan dan pemenuhan kebutuhan gizi keluarga.

Open Ceremony Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 ini secara resmi dibuka oleh Wabub Apt Rudi Hariansyah, ak, pada Jum'at (28/7) siang ini, dan dihadiri oleh stakeholder terkait di tingkat propinsi antara lain Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Sumatera Barat dan ibu-ibu Anggota Forikan se Kabupaten Pesisir Selatan

Wabub Apt Rudi Hariansyah, ak dalam sambutannya mengatakan, Pesisir Selatan sebagai penghasil produksi ikan tertinggi di Sumatera Barat, karena sekitar 80 persen wilayah Pesisir Selatan adalah laut, atau 10 dari 15 kecamatan merupakan daerah pesisir pantai. Potensi eksisting dan daya dukung wilayah ini secara signifikan akan mendukung masyarakatnya dalam memenuhi atau meningkatkan usaha konsumsi ikan.

Dikatakan, peran FORIKAN sangat diperlukan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terutama generasi muda kita yang saat ini sudah mulai beralih kepada makan jung food yaitu makan tidak sehat yang mengandung lemak dan zat yang bisa berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, seperti makan kaleng baik itu buah, sayur, daging dan lainnya yang mengakibatkan penyakit obesitas, hipertensi, kanker, diabetes, merusak ginjal dan menurunnya kemampuan kognitif.

"Untuk itu, saya minta kepada pengurus Forikan untuk dapat lebih giat dalam mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan yang memiliki kadar gizi terbaik untuk tubuh kita, rendah lemak bahkan tinggi protein kandungan protein memiliki daya serap terbaik bagi tubuh "tuturnya.

Sementara, Ketua Ketua Forikan Kabupaten Pesisir Selatan Yusneti Rusma Yul Anwar mengungkapkan, untuk meningkatan konsumsi ikan itu tentunya haruslah dimulai dari keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat. Karena keluarga merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, yang akan mempengaruhi cita-cita bangsa untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter.

"Pembangunan dan pembinaan fisik dan mental yang memiliki perilaku atau akhlaq yang baik haruslah dimulai dari keluarga,"tukasnya.

Dijelaskan, untuk meningkatkan konsumsi ikan itu maka Forikan Kabupaten Pesisir Selatan bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Pangan melaksanakan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dengan menyelenggarakan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Pesisir Selatan dan menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan kreativitas agar ikan yang akan dikonsumsi itu dapat memenuhi standar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan disajikan secara higenes dan cita rasa sehingga menjadi menu makanan yang enak dan menu andalan keluarga, sebagaimana sudah dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan.

Ajang lomba masak serba ikan ini sekaligus dapat menjadi wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik. Kegiatan yang telah menjadi agenda rutin Forikan Kabupaten Pesisir Selatan ini dapat melahirkan inspirator, kreator, motivator dan aktivator yang mumpuni dalam sosialisasi dan sinergitas program dan kegiatan di semua level (tingkatan) sosial masyarakat baik di Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Nagari dengan program nasional Gemarin di Pesisir Selatan. (*)