Legislator dukung penyusunan SPM kesehatan haji oleh Kemenkes

id Legislator,Ade Rezki Pratama,penyusunan SPM kesehatan haji oleh Kemenkes,Pemko Pariaman,Berita Pariaman

Legislator dukung penyusunan SPM kesehatan haji oleh Kemenkes

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra Ade Rezki Pratama saat diwawancara usai Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi COVID-19 Kerja Sama Pusat Kesehatan Haji Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dengan Anggota DPR RI di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Kamis. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra Ade Rezki Pratama mendukung penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Obat dan Perbekalan Kesehatan (Perbekes) Haji yang sedang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Standarisasi itu penting dan harus (karena) sesuatu tanpa standar itu akan menjadi compang camping saat pelaksanaannya," kata dia usai Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi COVID-19 Kerja Sama Pusat Kesehatan Haji Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dengan Anggota DPR RI di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Kamis.

Ia mengatakan dalam penyusunan SPM Perbekes tersebut harus dilakukan secara komperensif dan dievaluasi dari berbagai hal dalam pelaksanaan ibadah haji baik yang dilaksanakan pada tahun ini maupun pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, lanjutnya terlepas dari permasalahan kesehatan ia meminta pemerintah mengupayakan agar memberikan pelayanan dan lokasi terbaik saat pelaksanaan ibadah.

Hal tersebut, kata dia berdasarkan pemantauannya saat pelaksanaan haji beberapa tahun lalu yang antara maktab satu dengan maktab lainnya milik Indonesia berjauhan.

"Jangan sampai kita sebagai negara dengan porsi terbesar jamaah haji dan umrah tidak diistimewakan di sana," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah Indonesia terus menjaga keharmonisan dengan Arab Saudi sehingga tidak kalah dengan negara lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelayanan Haji Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI Muhammad Imran mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun SPM Perbekes haji yang ditargetkan selesai sebelum akhir tahun.

"Tujuannya agar pelayanan kesehatan terhadap haji di tanah suci mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar," kata dia.

Ia menyampaikan saat ini pihaknya telah mulai tahap satu yaitu penyusunan standar minimal untuk standar obat dan perbekalan kesehatan, lalu akan dilanjutkan dengan petugas kesehatannya, seterusnya saranan dan prasarana alat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan pihaknya terus membina CJH di daerah itu agar menjalankan pola hidup sehat serta memeriksa kesehatan mereka secara intensif sebelum keberangkatan.

Namun, lanjutnya pihaknya tetap mengimbau CJH di daerah itu menjaga pola hidup sehat sehingga penyakit yang dialami tidak kembali kambuh serta mengikuti vaksinasi lengkap agar tidak terpapar COVID-19 serta penyakit lainnya.