Ribuan pelajar Sumatera Barat terima beasiswa PIP dari Puan Maharani

id Sumbar,Padang

Ribuan pelajar Sumatera Barat terima beasiswa PIP dari Puan Maharani

Orang tua murid dan siswa penerima dana bantuan PIP di Sumbar (ANTARA/HO Arset Kusnadi)

Padang (ANTARA) - Ribuan pelajar di Sumatera Barat menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat yang disalurkan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Koordinator penyaluran program Puan Maharani di Sumbar, Albert Hendra Lukman di Padang, Minggu mengatakan bantuan PIP sekolah ini, merupakan program kemitraan DPR RI dengan Kementerian Pendidikan dan untuk Sumatera Barat disalurkan melalui aspirasi Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Beliau masih memperhatikan Sumatera Barat sehingga beliau mengalihkan sebagian dana pokok-pokok pikiran, dana aspirasinya dalam bentuk pendidikan untuk Sumatera Barat. Apalagi di tengah ekonomi yang melesu, tentunya bantuan ini akan bias memberikan stimulus atau meringankan beban masyarakat kurang mampu,” kata dia.

Menurut dia bantuan ini tidak hanya sekolah dasar namun untuk pelajar SMP, SMA dan SMK negeri ataupun swasta. Pelajar SMP menerima Rp750 ribu, sedangkan SMA dan SMK menerima Rp1 juta per orang.

Menurut dia usai kenaikan harga BBM berbagai bentuk bantuan pemerintah mulai mengalir dan salah satunya beasiswa bagi pelajar.

Ia menyebutkan hampir tiga ribu orang pelajar di Sumatera Barat, mendapat beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat.

Salah satunya pelajar SD Negeri 27 Sungai Sapih Padang yang pernah dibangun pundi amal SCTV ini memiliki 57 siswanya dari kelas dua hingga kelas lima yang akan menerima dana sebesar 450 ribu rupiah per orang.

Menurut dia dana tersebut dicairkan oleh orang tua siswa ke bank penyalur yang ditunjuk dan uangnya akan masuk ke rekening masing-masing siswa setelah melalui proses validasi oleh pihak bank.

Selain itu SD Negeri 07 Gurun Laweh Nanggalo juga mendapatkan beasiswa serupa yang memiliki 60 siswanya yang kebagian dana bantuan tersebut.

Bagi orang tua murid, bantuan ini sangat berguna membantu memenuhi kebutuhan sekolah anak mereka, ditengah lonjakan harga harga pasca kenaikan harga BBM.

“Terima kasih sekali telah mendapatkan bantuan ini, sangat berguna sekali untuk melengkapi kebutuhan sekolah anak-anak,” kata salah seorang orang tua murid SDN 27 Sungai Sapih Irda Weli.

“Terima kasih atas bantuan ini, sebagaimana kami bisa mempergunakannya untuk biaya anak membeli pakaian, peralatan sekolah dan kebutuhan lainnya,” kata Rimi Oktafiyesti, orang tua murid lainnya.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2022