Sumbar akan bangun jalan tembus Padang-Kabupaten Solok

id jalan tembus padang-solok,lubuk minturun-paninggahan,sitinjau lauik,mahyeldi,sumbar

Sumbar akan bangun jalan tembus Padang-Kabupaten Solok

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali menjajaki kemungkinan pembangunan jalan baru Padang-Solok sebagai jalur alternatif yang bisa dipilih pengendara selain jalan ekstrim Sitinjau Lauik.

"Rencana pembangunan jalan tembus dari Lubuk Minturun, Padang menuju Paninggahan, Solok itu sudah ada sebelumnya. Namun terhenti karena sebagian jalur masuk kawasan hutan lindung. Sekarang kita coba jajaki kembali," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Sabtu.

Jalan baru itu memiliki nilai strategis untuk perekonomian Sumbar. Di bandingkan dengan jarak Padang-Solok via Sitinjau Lauik, jaraknya tidak berbeda terlalu jauh sehingga bisa menjadi alternatif bagi transportasi barang yang melewati lintas tengah Sumatera.

Apalagi saat ini kondisi jalan di Sitinjau Lauik sering terjadi longsoran yang membuat akses jalan seringkali tertutup sehingga transportasi barang terganggu.

Padahal jalan itu menjadi salah satu urat nadi perekonomian Sumbar. Transportasi barang jalur darat dari Jakarta, Lampung, Palembang dan Jambi menuju Padang harus melewati jalan tersebut.

Selain itu jalan tembus Lubuk Minturun-Paninggahan juga akan mampu mendorong pengembangan pariwisata daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat.