Dua dosen LLDIKTI resmi diangkat jadi Guru Besar

id LLDIKTI,Sumbar,Padang

Dua dosen LLDIKTI resmi diangkat jadi Guru Besar

Kepala LLDIKTI Wilayah X menyerahkan SK pengangkatan dua gosen LLDIKTI menjadi Guru Besar (ANTARA/HO LLDIKTI)

Padang (ANTARA) - Dua dosen Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Dr Junaidi dan Dr Suryani diangkat sebagai guru besar melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen menjadi Profesor/Guru Besar.

Dr Junaidi merupakan dosen PNS Dpk LLDIKTI Wilayah X yang diperbantukan di Universitas Bung Hatta berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 40218/MPK.A/KP.05.01/2022 terhitung mulai tanggal 1 Juni 2022 dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Sosial Ekonomi Perikanan.

Dr Suryani juga seorang dosen PNS Dpk LLDIKTI Wilayah X yang diperbantukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 50964/MPK.A/KP.07.01/2022 dinaikan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Biokimia terhitung mulai tanggal 1 Juli 2022.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma mengapresiasi atas capaian Prof Junaidi dan Prof Suryani, total saat ini di LLDIKTI Wilayah X terdapat 31 dosen dengan jabatan guru besar.

“Selamat atas capaian tertinggi Prof. Junaidi dan Prof. Suryani di bidang akademik. Bertambahnya dosen dengan jabatan akademik guru besar akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, karena mutu ditentukan juga oleh kualitas sumber daya manusia,” kata dia.

Menurut dia jabatan akademik guru besar tidak membuat dosen berhenti berkarya, aplikasikan keilmuan serta terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan baik di kampus masing-masing, di lingkungan LLDIKTI Wilayah X, dan di tingkat nasional.

“Teruslah berkarya, jangan berhenti. Mari bersama, terus mendorong dosen dengan kualifikasi doktor dan lektor kepala untuk percepatan kenaikan jabatan akademik hingga guru besar,” katanya.

Dalam sambutan Prof Junaidi mengucapkan terima kasih atas dorongan LLDIKTI WIlayah X dan Rektor Universitas Bung Hatta beserta jajaran yang turut membantu meraih prestasi tertinggi sebagai guru besar.

Sementara itu, Prof Suryani mengatakan bahwa pencapaian yang didapatkannya hari ini tidak bisa diraih sendiri.

“Terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah X, Rektor UMSB serta keluarga yang selalu memberikan semangat, doa serta dorongan sehingga sampai pada tahapan tertinggi dosen, yaitu guru besar,” ucap Prof. Suryani.

Hadir pada penyerahan SK tersebut, Rektor Universitas Bung Hatta Prof Tafdil Husni dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. Riki Saputra beserta jajaran, dan Subkoordinator Pendidik dan Tenaga Pendidik Rery Anton.