Kondisi terkini, akses jalan Padang-Solok lumpuh total akibat longsor Sitinjau Lauik

id Padang,Sumbar,longsor

Kondisi terkini, akses jalan Padang-Solok lumpuh total akibat longsor Sitinjau Lauik

Longsor terjadi di salah satu ruas jalan penghubung Kota Padang dengan Kabupaten Solok (ANTARA/HO Polsek Luki)

Padang (ANTARA) - Akses jalan nasional yang menghubungkan Kota Padang dengan Solok, Sumatera Barat (Sumbar) hingga pukul 15.30 WIB masih lumpuh total akibat longsor yang terjadi kawasan Sitinjau Lauik, Lubuk Kilangan, kota Padang sekitar pukul 14.00 WIB.

"Hingga pukul 15.30 WIB arus lintas dari Padang menuju Solok ataupun sebaliknya masih belum bisa dilalui," kata Kepala Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon, di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini alat berat telah mulai melakukan pengerjaan terhadap material longsor yang menutupi jalan di lokasi.

Pihak kepolisian mengimbau kepada kepada masyarakat yang hendak menuju Solok atau Padang agar mengambil jalan alternatif via Padang Panjang.

Masyarakat juga diimbau untuk bersabar dan kalau bisa menunda keberangkatan sejenak agar tidak terjebak macet di lokasi.

"Pengendara diminta agar tetap berhati-hati mengingat kondisi cuaca di sejumlah daerah masih diguyur oleh hujan," katanya.

Sebelumnya, longsor dilaporkan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB sebanyak empat titik di Lubuak Paraku dan Panorama II kawasan Sitinjau Lauik.

Ketinggian material longsor mencapai tiga meter sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan sama sekali.

Akibatnya akses lalu lintas putus total mengakibatkan antrean panjang kendaraan baik yang datang dari arah Padang maupun dari Solok.

Beruntung tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa bencana tanah longsor tersebut.

Saat ini pihak kepolisian beserta instansi terkait telah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan serta penanganan bencana.