Kota Payakumbuh gelar pawai alegoris dan karnaval sekolah pada HUT RI ke-77

id Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh,Pemkot Payakumbuh,Berita Payakumbuh,HUT RI di kota Payakumbuh

Kota Payakumbuh gelar pawai alegoris dan karnaval sekolah pada HUT RI ke-77

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Panitia HUT RI ke-77 Kota Payakumbuh, Sumatera Barat bakal menggelar iven pawai alegoris dan karnaval kreasi sekolah dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa pelaksanaan iven tersebut telah diputuskan dalam rapat panitia HUT RI di Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.

"Iven yang melibatkan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Payakumbuh ini akan diikuti oleh peserta dari SD, SLTP, dan SLTA serta madrasah. Bahkan ormas yang ingin berpartisipasi dalam iven ini dapat mendaftar ke dinas pendidikan pada minggu pertama bulan Agustus, sekaligus menentukan nomor lot," katanya.

Ia mengatakan pawai ini akan diikuti oleh ribuan siswa sekolah dan berlangsung pada 18 Agustus 2022, mulai pukul 8 pagi di Lapangan Pacuan Kubu Gadang melewati jalan A Yani dan berakhir di depan kantor pos Kota Payakumbuh.

"Dapat kita lihat di sekolah-sekolah tengah mempersiapkan siswa untuk tampil. Penampilan kreativitas anak-anak didik ini juga akan menjadi kado untuk wali kota dua periode Riza Falepi yang akan mengakhiri pengabdiannya, jadi insan pendidikan memberikan sesuatu yang menarik dan terbaik," ujarnya.

Disampaikannya bahwa sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai aleforis, atau pawai kreatifitas karya siswa, semuanya masuk dalam barisan pawai nantinya setelah dilot oleh panitia.

"Satu sekolah mendapat 1 nomor lot, jadi apapun yang mereka tampilkan berada dalam 1 barisan sekolahnya masing-masing. Diperkirakan ada sekitar 150 sekolah yang ikut dalam kemeriahan HUT RI ke 77 tahun ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua AKSI Kota Payakumbuh Aizur Hedi mengatakan insan pendidikan sudah rindu beraktifitas di luar sekolah dan melalui iven ini kembali diberi kesempatan untuk menunjukkan kreatifitas anak didik.

"Kami merasa bersyukur dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh, sudah 2 tahun tak ada kegiatan pawai dalam HUT RI. Alhamdulillah, kita sudah sepakat dengan Pemda dan jajaran dinas, dengan melibatkan AKSI pada kegiatan pawai pada 18 Agustus 2022," ujarnya.

Pria yang merupakan Kepala SMKN 4 Payakumbuh itu mengatakan iven ini mendapat respon baik dari seluruh sekolah bahkan AKSI ikut menjadi jembatan penghubung dari seluruh kepala sekolah, karena SMA, SMK, dan SLB berada di bawah naungan provinsi.

"Kami siap menyukseskan iven HUT RI di kota Payakumbuh. Kegiatan pawai yang sebagai hiburan, juga sebagai pemicu kebangkitan ekonomi UMKM," katanya.