Tujuh tips berkendaraan jarak jauh dengan motor listrik

id PLN, motor listrik, splu

Tujuh tips berkendaraan jarak jauh dengan motor listrik

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo melepas touring motor listrik. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Bagi pengguna motor listrik yang ingin berkendara jarak jauh, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar telah menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum di berbagai titik tersebar di wilayah Sumatera Barat.

Infrastruktur penunjang ini disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna motor listrik yang cepat atau lambat akan menjadi komoditas mayoritas.

Disampaikan Senior Manager PLN UIW Sumbar Nova Sagita, PLN telah menyiapkan infrastruktur SPLU sebanyak 303 unit tersebar di Kota Padang dan berbagai Kotamadya dan Kabupaten.

"SPLU sudah tersebar di pusat-pusat keramaian dan daerah strategis. Jadi para pengguna motor listrik tak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh,’’ kata Nova Sabtu.

Pada kesempatan yang sama, Nova pun menyampaikan berbagi tips agar aman dan nyaman berkendara jarak jauh dengan motor listrik. Pertama, Nova menyarankan agar kondisi saat akan berkendara dalam keadaan sehat dan cukup istirahat.

Kedua, Nova menghimbau agar selalu mengecek kondisi kendaraan dan perangkat pendukungnya sebelum bepergian. ‘’Pastikan baterai dapam keadaan penuh atau cukup. Jika perlu bawalah baterai cadangan. Dan pastikan kondisi seluruh sparepart motor dalam keadaan baik,’’ sebutnya kemudian.

Ketiga, tidak ada ruginya menyiapkan rencana perjalanan. ‘’Dengan mengetahui lokasi-lokasi tujuan sebelum perjalanan, anda dapat memperkirakan daya mampu baterai, atau di SPLU mana motor akan rehat untuk pengisian baterai,’’ jelas Nova.

Keempat, pastikan handphone dalam keadaan stand by, kapasitas baterai cukup, memiliki akses internet, dan sudah terinstall PLN Mobile. ‘’Dengan begitu anda dapat mengisi daya pada SPLU melalui PLN Mobile kapanpun dan di lokasi SPLU manapun. Kini lokasi SPLU di Sumbar juga dapat di-search dengan mudah via map aplikasi,’’ lanjut Nova.

Kelima, bawa perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan dalam keadaan emergency. Keenam, bawa pula makanan dan minuman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Kemudian terakhir, ketujuh, segeralah istirahat saat merasa lelah atau mengantuk saat berkendara. ‘’Ini penting untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan,’’ ungkap Nova kemudian.

Sementara itu General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengaku sangat mendukung semakin meningkatnya pengguna motor listrik di Sumbar.

‘’Kami siap mendukung era baru berkendara ini lewat berbagai program dan layanan. Jadi bagi masyarakat yang masih ragu untuk beralih, mari ambil motor listrik anda sekarang,’’ tegasnya.*