Gubernur apresiasi kerjasama Bupati-Wabup Pesisir Selatan

id gubernur sumbar,bupati pessel,wabup pessel,mtq ke 40 pessel,berita pessel,penghafal alquran pessel

Gubernur apresiasi kerjasama Bupati-Wabup Pesisir Selatan

Gubenur saat mengahdiri pembukaaan MTQ ke-40 tingkat kecamatan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan (Antara/HO-Humas Pessel)

Painan (ANTARA) - Gubernur mengapresiasi kerjasama Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati Rudi Hariyansyah menjalankan amanah masyarakat, bahkan menegaskan semua pihak harus mendukungnya. Sebab pemimpin yang seiya sekata adalah modal utama dalam suksesnya pembangunan.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah juga berpesan agar kedua putera terbaik daerah tersebut tetap menjaga kekompakan membangun daerah.

"Semoga Pesisir Selatan mendapat berkah dari kekompakan pemimpinnya," ungkap gubenur dalam sambutannya ketika didaulat membuka MTQ ke-40 tingkat kecamatan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan.

Pembukaan dihadiri Bupati Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati Rudi Hariyansyah, Ketua DPRD Ermizen, Sekretaris Daerah Mawardi Roska, tokoh perantau Tapan Lunang Silaut, Syamsul Rakan Chaniago.

Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Mar Alamsyah.

Camat Silaut Syamwil, wali nagari se-Kabupaten Pesisir Selatan, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfi Yandrika dan Cabang Tapan OKI Hasan dan tokoh masyarakat Rahul.

Acara yang digelar mulai 18 Juli-22 Juli itu dihadiri lebih dari 600 orang kafilah dan lebih dari 400 orang ofisial dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Gubernur mengajak semua pihak untuk membangun Pesisir Selatan dengan semangat kebersamaan dan kekompakan. Dengan kekompakan yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi erat.

"Saya lihat bupati-wakil bupati sangat kompak. Dari balihonya jelas sekali. Mari kita sokong kebersamaan dan kekompakan ini dalam melaksanakan pembangunan," ajak gubernur.

Bahkan gubernur secara tegas di depan seluruh tokoh dan masyarakat yang hadir menyarankan agar Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati Rudi Hariyansyah dapat melanjutkan periode berikutnya berdua.

Setelah itu, kata gubernur Wakil Bupati Rudi Haiyansyah maju sebagai bupati. Pria yang biasa disapa Buya itu juga mendoakan semoga semangat MTQ dapat lebih mempererat kepemimpinan di Pesisir Selatan.

"Di sebelah kanan saya, ada baliho Pak Bupati. Di sebelah kiri saya, ada baliho Pak Wakil Bupati. Sama-sama menatap ke saya. Sangat kompak sekali," ucap gubernur yang diiringi tepuk tangan para hadirin.

Gubernur optimis MTQ ke-40 Kecamatan Rahul Tapan dapat menghasilkan generasi Pesisir Selatan yang unggul, akhlakul qarimah dan meneladani Al-Qur'an, sesuai seperti yang disampaikan bupati.

Al-Qur'an telah mengajarkan mana yang baik dan tidak, yang benar dan yang salah, yang haq dan yang bathil. Karena itu MTQ berperan penting membangun masyarakat sesuai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Pada kesempatan itu Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar mengungkapkan MTQ bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun lebih kepada menumbuhkan semangat dan generasi cinta Al-Qur'an.

Lantunan-lantunan irama ayat Al-Qur'an selama pelaksanaan pada akhirnya harus mampu menciptakan suasana kehidupan yang religius di tengah kehidupan bersama, khususnya di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan.

"Jadi, selain mencari prestasi, juga harus menumbuhkan semangat cinta dan gemar membaca Al-Qur'an," ungkap bupati.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah berharap MTQ ke-40 di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan melahirkan para pecinta dan penghafal Al-Qur'an.

Menurut Wabup pelaksanaan MTQ harus diperluas hingga tingkat nagari, sehingga lahir generasi yang berakhlak Al-Qur'an sebagai penerus dan menahkodai daerah ini pada masa-masa mendatang untuk pembangunan yang lebih baik lagi.

"Jangan berhenti pada rutinitas semata, namun harus terukur melalui semangat cinta terhadap Al-Qur'an di masyarakat," tegas Wabup dalam sambutannya.