ASN dan BUMD Sumbar berkurban 52 ekor sapi untuk daerah terpencil

id Kurban,ASN Sumbar,bumd sumbar

ASN dan BUMD Sumbar berkurban 52 ekor sapi untuk daerah terpencil

Gubernur Sumbar Mahyeldi serahkan bantuan sapi kurban Presiden Joko Widodo secara simbolis pada bupati Pasaman. (ANTARA/Dokumentasi Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat dan BUMD berkurban 52 ekor sapi untuk didistribusikan ke daerah terpencil dan daerah yang terdampak bencana di daerah itu.

"ASN kita pada masing-masing OPD berkurban satu sampai dua ekor sapi demikian juga BUMD hingga terkumpul 52 ekor. Sebagian di potong di Masjid Raya Sumbar dan sebagian kita sebar ke daerah terpencil serta daerah terimbas bencana," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Jumat.

Ia mengatakan itu saat menyerahkan bantuan sapi kurban secara simbolis kepada bupati dan wali kota di provinsi itu.

Mahyeldi mengatakan jumlah sapi kurban ASN Pemprov Sumbar untuk tahun ini bertambah hampir 50 persen dari tahun lalu yang hanya belasan ekor saja.

"Ini adalah hal yang baik yang akan kita coba pertahankan setiap tahun," katanya.

Salah satu daerah terisolir yang tahun ini mendapatkan bantuan hewan kurban adalah Galugua, Kabupaten Limapuluh Kota.

Pemprov Sumbar mengalokasikan lima ekor hewan kurban berupa kerbau untuk daerah yang berbatasan dengan Provinsi Riau itu.

"Karena di sana kebanyakan ternak masyarakat adalah kerbau, maka kita kurbankan lima ekor kerbau. Kita beli langsung dari masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo seberat 0,8 ton akan didistribusikan ke Malampah, Kabupaten Pasaman yang sebelumnya rusak parah akibat gempa bumi.

"Sedangkan untuk masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat yang juga dihantam bencana gempa didistribusikan lima ekor sapi dan satu kambing," katanya.***3***