Ismunandi Sofyan serap aspirasi warga Agam dan Bukittinggi saat reses

id Sumbar,DPRD Sumbar

Ismunandi Sofyan serap aspirasi warga Agam dan Bukittinggi saat reses

Anggota DPRD Sumbar Ismunandi Sofyan menggelar reses ke daerah pemilihan (ANTARA/ HO Ismunandi Sofyan)

Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat Ismunandi Sofyan menyerap sejumlah aspirasi warga yang ada di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam saat melaksanakan reses ke daerah pemilihan.

"Kita melakukan reses di lima nagari seperti Nagari Sitanang, Nagari Bayua, Nagari Batu Kambiang dan lainnya. Ada sejumlah aspirasi yang kita serap," kata dia di Padang, Kamis.

Ia mengatakan daerah tersebut merupakan kawasan pertanian dan memang dibutuhkan jalan pertanian untuk mempermudah masyarakat mengangkut hasil tani mereka dari kebun menuju tempat penjualan.

"Ini nanti akan kita sampaikan ke pemerintah provinsi untuk mencarikan solusi kebutuhan mereka," kata dia.

Selain itu persoalan pupuk yang selalu menjadi momok petani dalam memproduksi tanaman mereka. Ada pupuk subsidi namun ketersediaanya sangat terbatas sementara pupuk non subsidi cukup mahal.

"Ini yang tengah kita cari solusinya dan persoalan ini cukup panjang," kata dia.

Ia mengatakan dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat dirinya menginisiasi pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk menambah keahlian, keterampilan dan pengetahuan dalam usaha yang digeluti.

Mulai dari pelatihan di bidang pertanian, pelatihan di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pelatihan di bidang pariwisata.

"Kita melilhat potensi yang ada di nagari dan warga yang ada kita berikan pelatihan sehingga mereka ikut terlibat dalam mengoptimalkan potensi yang ada di daerah mereka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Menurut dia hasil reses ini nantinya akan dilaporkan kepada pimpinan DPRD Sumbar dalam rapat paripurna dan akan disampaikan kepada pemerintah provinsi.

"Akan ada banyak aspirasi masyarakat yang masuk dan dirumuskan nantinya dalam APBD Sumatera Barat dan program yang akan dilakukan ke depannya," kata dia.