PLN dan Dishub Tanah Datar perbaharui MoU PJU

id PLN

PLN dan Dishub Tanah Datar perbaharui MoU PJU

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh terima kunjungan dari Dinas Perhubungan Tanah Datar. (ANTARA/HO-PLN)

Batusangkar (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh terima kunjungan dari Dinas Perhubungan Tanah Datar, pada 27 Mei 2022, guna tindak lanjut pembaharuan MoU pengelolaan Penerangan Jalan Umum (PJU) Kabupaten Tanah Datar.

Bertempat di ruang pertemuan PLN UP3 Payakumbuh, kunjungan ini dihadiri oleh Sekretaris Dishub Tanah Datar Elno, Kasi Lantas Dishub Tanah Datar Ikhwan, dan

Manajemen PLN UP3 Payakumbuh.

PJU adalah infrastruktur lampu yang berdiri di seluruh jalan-jalan umum, baik jalan protokoler maupun jalan lintas. PJU berfungsi sebagai pelengkap jalan. Sebagai pelengkap, PJU dapat menambah keindahan, tetapi juga berfungsi sangat penting untuk menerangi jalan di malam hari karena membantu pengguna jalan melihat medan yang dilalui pada malam hari.

PJU Kabupaten Tanah Datar awalnya berada di bawah pengelolaan Dinas PUPR. Dijelaskan Edy Saputra, Manager PLN UP3 Payakumbuh, Pemkab Tanah Datar tengah memproses peralihan pertanggungjawaban pengelolaan dari Dinas PUPR ke Dinas Perhubungan.

''Untuk itu kita membuat perubahan MoU dari PLN bersama Dinas PUPR menjadi PLN bersama Dinas Perhubungan. Ini pertemuan kesekian setelah sebelumnya baru informasi awal dari Pemkab kemudian pertemuan perencanaan bersama dengan dinas perhubungan," jelas Edy kemudian.

Tanggung jawab yang jelas tentang pengelolaan PJU, menurut Edy sangat penting. Hal ini mengingat 10% dari tagihan rekening listrik dan pembelian token pelanggan PLN adalah Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

"PPJ ini PLN setorkan kepada pemerintah dan dapat digunakan untuk operasional pembangunan daerah, diantaranya dapat berfungsi untuk pembangunan dan operasional PJU. Maka pengelolaan PJU penting, ini bagian dari amanah pada sumbangsih masyarakat," ungkap Edy kemudian.

Selanjutnya, Edy menyampaikan, PLN siap mengakomodir perubahan yang terjadi di Pemkab Tanah Datar dan mengikuti kerjasama yang diperlukan. Karena PLN pada dasarnya selalu siap untuk kolaborasi penerangan jalan dengan pemerintah.

"Kami pun siap untuk usulan pembangunan penerangan-penerangam jalan yang baru, pemeliharaan atau pembaharuan, dan lain sebagainya. Harapannya Dinas Perhubungan, sebagai penanggungjawab PJU di Tanah Datar yang baru, pun mendukung PLN untuk tepat waktu dalam pembayaran tagihan PJU," ungkap Edy kemudian.

Ikhwan, Kasi Lantas Dishub Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pelayanan prima yang selalu ditunjukkan oleh PLN.

"Terima kasih, semoga kerjasama semakin baik ke depannya dan silaturahmi tetap terjalin. Kami Dishub Tanah Datar akan berupaya memberikan sinergi yang saling menguntungkan kepada PLN," ungkap Ikhwan kemudian.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2022