Jurusan Antropologi Unand gelar seminar dan pameran etnofotografi Mentawai

id Jurusan Antropologi Unand ,PAMERAN kebudayaan Mentawai UNAND

Jurusan Antropologi Unand  gelar seminar dan pameran etnofotografi Mentawai

Pembukaan Seminar dan Pameran Etnofotografi Mentawai Jurusan Antropologi FISIP Unand. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) -
Jurusan Antropologi Universitas Andalas (Unand) Padang menggelar Seminar dan Pameran Etnofotografi Mentawai dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 29 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari hasil kuliah lapangan mahasiswa pada perkuliahan etnofotografi Mentawai, kata Koordinator Kegiatan Maskota Delfi di Padang Selasa.

Kegiatan ini digelar pada 17-19 Mei 2022 di Gedung C Lantai III dan Selasar Gedung B Lantai I FISIP Unand.

Mengambil tema Mentawai Simaeruk, Purimanuaijat, Stak Moi Tatak yang artinya Mentawai Yang Indah dan Kehidupan Yang Tak Pernah Berakhir pameran etnofotografi menampilkan hasil jepretan mahasiswa saat melakukan kuliah lapangan ke Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Untuk seminar diisi oleh mahasiswa dengan mempresentasikan hasil kuliah lapangan dan dilakukan pembahasan.

Sementara Dekan FISIP Unand Dr Azwar mengapresiasi kegiatan seminar dan pameran etnofotografi karena merupakan hasil penelitian lapangan yang menjadi salah satu khazanah budaya yang tetap bertahan hingga kini.

Selain itu untuk seminar juga dihadiri oleh praktisi yang selama ini fokus meneliti budaya Mentawai.

Tidak hanya itu Jurusan Antropologi Unand saat ini juga sudah dilengkapi dengan Museum Etnografi Andalas yang berisi 75 koleksi benda-benda kebudayaan Mentawai.