Kunjungan wisatawan selama libur lebaran 2022 di Padang Pariaman capai 60 ribu orang

id Pariwisata padang pariaman,Berita padang pariaman,Rumah Putiah ,Green Talao Park

Kunjungan wisatawan selama libur lebaran 2022 di Padang Pariaman capai 60 ribu orang

Sejumlah wisatawan sedang berfoto dengan pemandangan latar laut dari ketinggian di objek wisata Dama Batang, Kecamatan III Koto Aua Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. (ANTARA/Aadiaat M.S.)

Parik Malintang (ANTARA) - Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat selama Libur Lebaran 2022 mulai dari Selasa (3/5) sampai sekarang sekitar 60 ribu orang.

"Sampai kemarin (siang) telah lebih 54 ribu orang mungkin ditambah hingga sore dan hari ini sudah 60 ribu orang," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Parik Malintang, Senin.

Ia mengatakan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan adanya perpanjang libur lebaran yang diterapkan oleh sejumlah daerah.

Apalagi, kata dia objek wisata di Padang Pariaman sudah berbenah sehingga banyak lokasi yang dapat dikunjungi wisatawan untuk mengisi hari libur.

Menurutnya perantau yang pulang kampung pada libur lebaran tahun ini tidak saja dapat membantu ekonomi warga di kampung halaman namun juga pedagang di objek wisata.

"Namun pemerintah daerah tetap meminta pedagang untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan wisatawan," katanya.

Ia berharap di objek wisata di Padang Pariaman tidak ada premanisme dan menetapkan harga barang dagangan di atas harga jual pada hari biasa.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan ke 15 objek wisata di daerah itu selama tiga hari Libur Lebaran 2022 telah mencapai 29.198 orang.

"Kunjungan wisatawan terbanyak di Padang Pariaman pada Kamis (5/5) kemarin yang mencapai 15.413 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly di Parik Malintang.

Ia menyebutkan pada Selasa (3/5) atau sehari setelah lebaran kunjungan wisatawan di Padang Pariaman mencapai 3.872 orang sedangkan pada Rabu (4/5) mencapai 9.913 orang.

Ia merincikan kunjungan wisatawan terbanyak pada Selasa tersebut yaitu ke Dempo Anai Land yang mencapai 1.381 orang yang disusul ke Green Talao Park yang mencapai 415 orang, dan pemandian Rumah Putiah dan Lubuak Jambu yang masing--masingnya 400 orang.