Tim Polres Solok adakan patroli ke perumahan ditinggal mudik cegah curat

id Tim Polres Solok adakan patroli, ke perumahan ditinggal, mudik cegah curat

Tim Polres Solok adakan patroli ke perumahan ditinggal mudik cegah curat

Tim Polres Solok adakan patroli ke perumahan ditinggal mudik cegah curat (ANTARA/HO-HUMAS POLRES)

Solok (ANTARA) - Tim Polres Solok melakukan patroli dan pengamanan ke sejumlah kawasan perumahan yang ditinggal oleh pemiliknya saat mudik untuk mencegah terjadinya pencurian dengan pemberatan (curat).

Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo di Solok, Minggu (24/4) malam menurunkan langsung sebanyak 15 personel di bawah komando Kasat Tahti, Iptu Saprul Yadi turun ke sejumlah kawasan perumahan di Kecamatan Gunung Talang.

Hal itu dalam rangka menyikapi banyaknya masyarakat yang mudik saat lebaran, tim Polres Solok melakukan patroli pengamanan ke sejumlah daerah perumahan yang ditinggal oleh pemiliknya. Kegiatan patroli tersebut dilakukan sampai sampai jam 02.00 WIB.

Patroli tersebut diadakan setiap malam karna tidak semua penghuni perumahan merupakan warga pribumi setempat. Untuk itu, giat ini antisipasi rumah kosong ditingal pemudik.

"Kita mencegah potensi pencurian dengan pemberatan karena banyak masyarakat yang mudik. Sasarannya kawasan perumahan-perumahan yang ditinggal pulang kampung oleh pemilik," ucap Iptu Saprul.

Menurutnya rumah-rumah kosong ditinggal pemudik sangat rawan menjadi sasaran pencurian.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat supaya memastikan rumah mereka dalam keadaan aman saat ditinggalkan.

"Selain bahaya Curat, rumah kosong juga berpotensi terjadi kebakaran," ujar dia.

Ia juga meminta masyarakat untuk mengecek kembali listrik rumah dan alat-alat elektronik sudah dalam keadaan mati saat mudik.

"Sebelum mudik, pastikan barang-barang berharga sudah dalam keadaan aman. Jangan sampai lupa lantaran tergesa-gesa. Antisipasi juga ancaman kebakaran," katanya.

Selain itu, tim juga menyisir sejumlah lokasi di wilayah Gunung Talang dan Kubung yang kerap digunakan untuk lokasi balap liar. Seperti, kawasan GOR Batu Tupang, ruas jalan baru Cupak dan lokasi lainnya.

"Kita juga masyarakat di kawasan perumahan untuk mengaktifkan kembali Siskamling atau pos ronda untuk menghindari gangguan Kamtibmas dan kejahatan lainnya," kata dia.