BI Sumbar gelar QRIS Ramadhan Fair kampanyekan transaksi nontunai

id qris

BI Sumbar gelar QRIS Ramadhan Fair kampanyekan transaksi nontunai

Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama bersama Kepala OJK Sumbar Yusri mencoba menggunakan QRIS pada QRIS Ramadhan Fair di Padang, Rabu (20/4/2022) (Antara/HO-BI Sumbar)

Padang (ANTARA) - Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat menggelar kegiatan QRIS Ramadhan Fair sebagai upaya mengampanyekan transaksi nontunai di tengah masyarakat.

"Penyelenggaraan acara ini dalam rangka mengajak masyarakat kenal lebih dekat dengan QRIS dan mencoba bertransaksi menggunakannya pada QRIS Ramadhan Fair yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik," kata Kepala BI perwakilan Sumbar Wahyu Purnama di Padang, Rabu.

QRIS Ramadhan Fair juga menghadirkan produk UMKM terbaik Sumatera Barat yang sudah Go-Digital, dan produk digital payment dari PJP Sumatera Barat yang juga diselenggarakan dalam rangka mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Visit Beautiful West Sumatera 2023,

Pelaksanaan QRIS Ramadhan Fair merupakan rangkaian acara pendahuluan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia yang diselenggarakan pada 20 April hingga 23 April 2022 .

Kegiatan dilaksanakan pada tiga tempat yaitu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Transmart Padang dan Pasar Raya Padang dengan tema besar “Synergistic and Inclusive Digital Economy Ecosystem for Accelerated Recover”

Menurut dia teknologi digital telah hadir di setiap sudut kehidupan yang mempengaruhi perekonomian, mengubah pola transaksi masyarakat, dan mendisrupsi fungsi konvensional, termasuk sektor keuangan.

"Pada sektor keuangan, perkembangan digitalisasi menuntut metode pembayaran yang serba cepat, mobile, aman, dan murah," ujarnya.

Pada sisi lain ia menilai digitalisasi UMKM menjadi tulang punggung yang perlu didorong dalam rangka peningkatan akses pasar dan kemudahan transaksi pembayaran UMKM melalui pemanfaatan QRIS sebagai wujud integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Ia menambahkan kegiatan QRIS Ramadhan Fair juga merupakan tindak lanjut dari upaya memasyarakatkan pembayaran digital menggunakan QRIS yang telah diluncurkan sejak tahun 2019.

Ia menyebutkan saat ini di Tanah Air jumlah merchant QRIS mencapai 16,4 juta merchant serta 14,9 juta pengguna QRIS dengan nilai transaksi mencapai Rp3,4 triliun pada Februari 2022.

Sedangkan di Sumbar hingga Maret 2022, terdapat 257.613 merchant atau meningkat 11,4 persen dibandingkan akhir 2021.

"Pertumbuhan ini lebih besar dari pertumbuhan nasional yang sebesar 10,9 persen . Ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang kuat antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, UMKM, PJP, dan lembaga terkait," ujarnya.

Rangkaian kegiatan QRIS Ramadhan Fair meliputi talkshow Inklusi Keuangan, Digitalisasi pembayaran, dan Kartini Masa Kini hingga Rakor Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

Kemudian fashion Show pakaian Minang dan produk UMKM, Peresmian 3 Pasar Rakyat siap QRIS.

Wahyu berharap lewat kegiatan ini dapat mendorong keuangan inklusif Sumatera Barat melalui peningkatan penggunaan transaksi digital melalui QRIS oleh masyarakat.