Rektor UNP paparkan lima harapan publik terhadap perguruan tinggi

id berita padang, berita sumbar, unp

Rektor UNP paparkan lima harapan publik terhadap perguruan tinggi

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D mewisuda sebanyak 1.079 orang lulusan pada hari pertama pelaksanaan wisuda ke 126, di Padang, Sabtu. (ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, Ph.D menyampaikan lima harapan atau ekspektasi yang di tumpangkan masyarakat di Indonesia terhadap keberadaan perguruan tinggi pada pelaksanaan Wisuda UNP ke 126, Sabtu.

"Pertama, perguruan tinggi berkewajiban mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter dan watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa," ucapnya.

Kedua, pendidikan tinggi berusaha membangun manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Ketiga, perguruan tinggi yang merupakan wadah pendidikan tinggi berperan besar membangun, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Keempat, perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan yang merupakan satu kesatuan sistemik, terbuka dan multi makna dalam proses pemberdayaan dan pembudayaan bangsa sepanjang hayat.

Kelima, perguruan tinggi membangun keteladanan, kemauan, kreativitas dalam proses pembelajaran, mengembangkan budaya baca, tulis, dan hitung, serta memberdayakan semua komponen masyarakat.

Selain itu, juga meningkatkan peran serta masyarakat dan menciptakan pelayanan masyarakat yang prima, ditandai pelayanan yang cepat, tepat, akurat, diperbaiki terus menerus, tidak diskriminatif, berkelanjutan, dan terjangkau.

"Mengingat harapan publik tersebut, UNP memiliki komitmen untuk terus bertransformasi sejalan dengan perubahan, waktu dan zaman serta tuntutan dan tantangan yang juga makin meningkat," ujarnya.

Salah satu perubahan krusial dilakukan UNP adalah perubahan status dari PTN Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN Berbadan Hukum (BH) yang diresmikan pada 25 November 2021 berdasarkan PP nomor 114 tahun 2021.

Pelaksanaan wisuda ke 126 ini merupakan wisuda perdana yang digelar UNP di 2022 dengan mewisuda sebanyak 2.239 orang lulusan.

Wisuda ini diselenggarakan secara luring dan daring selama dua hari berturut-turut dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, untuk wisuda hari pertama ini, UNP mewisuda sebanyak 1.079 orang lulusan.