Dinas Perpustakaan dan Arsip Solok harapkan program buku bergulir tingkatkan minat baca

id berita solok,berita sumbar,buku

Dinas Perpustakaan dan Arsip Solok harapkan program buku bergulir tingkatkan minat baca

Perpustakaan daerah Kota Solok, Sumatera Barat. (Antarasumbar/Laila Syafarud)

Dengan banyak membaca menjadikan masyarakat cerdas dan kreatif,
Solok (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Sumatera Barat mengharapkan program buku bergulir yang diantarkan ke rumah-rumah warga dapat meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Solok, Wadirman di Solok, Jumat, mengatakan untuk menumbuhkan minat baca serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya di Kota Solok diadakan program Buku Bergilir (Bulir) bekerja sama dengan camat dan lurah se-Kota Solok.

"Dengan banyak membaca menjadikan masyarakat cerdas dan kreatif sehingga bisa dan mampu menjawab tantangan hidup pada masa yang akan datang," kata dia.

Ia juga mengatakan untuk kegiatan Bulir tersebut diharapkan kerja sama dari camat dan lurah agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan dapat memotivasi masyarakat untuk gemar membaca.

"Selain itu, diharapkan lurah dapat membantu memilihkan RT/RW mana yang akan diberikan buku bergilir, dimana sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah,” kata Wadirman.

Di samping itu, Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Kota Solok, Karmaini juga mengatakan setiap satuan paket buku yang digilir berisikan lima macam buku yang terdiri atas buku untuk bacaan ayah, Ibu, anak remaja, anak belia dan anak usia dini.

“Buku-buku tersebut kita pilihkan dari koleksi-koleksi buku yang ada di Perpustakaan Daerah Kota Solok,” ujarnya.

Selain itu, jika terjadi kehilangan buku bergilir selama proses peminjaman kepada masyarakat maka kader cukup membuat laporan kehilangan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

“Sasaran dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan budaya baca di masyarakat, sehingga dengan bertambahnya pengetahuan dan wawasan akan mendorong minat seseorang untuk menulis, terampil dan juga meningkatkan perekonomian di masyarakat,” kata dia.

Selain itu, program buku bergulir tersebut sudah berlangsung sejak 2017 sampai saat ini.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kembali minat baca masyarakat di Kota Solok," ujar dia.

Petugas akan langsung mengantarkan buku ke rumah warga dan buku akan digilir tiap dua minggu sekali.

"Untuk mengetahui buku itu dibaca atau tidak, kami juga sudah punya kader yang akan memantau dan dilakukan survei. Setelah dilakukan survei sekitar 98 persen setuju dengan program buku bergulir ini," kata dia.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Solok juga punya pustaka keliling menggunakan mobil pustaka. Pustaka keliling ini terus beroperasi keliling kelurahan dan ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan minat baca.

"Tidak hanya itu saja, upaya lainnya yang kami lakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan daerah Kota Solok ialah memberikan penghargaan berupa uang tunai atau bingkisan pada pengujung yang rajin berkunjung," kata dia.

Menurut dia hal itu merupakan sebagai bentuk apresiasi dari Dinas Perpustakaan Kota Solok.