Sekjen Kemendikbudristek lantik 4 pejabat di lingkungan LLDIKTI-X

id berita padang,berita sumbar,dikti

Sekjen Kemendikbudristek lantik 4 pejabat di lingkungan LLDIKTI-X

Tangkapan layar upacara pelantikan para pejabat di lingkungan Kemendikbudristek. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Pelantikan ini adalah suatu keniscayaan yang selalu dikerjakan oleh semua kementerian dan lembaga karena kami ingin terus memastikan bahwa tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik,
Padang (ANTARA) - Sekjen Kemendikbudristek Ir Suharti melantik pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan Kemendikbudristek termasuk empat pejabat di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X secara daring, Jumat.

"Pelantikan ini adalah suatu keniscayaan yang selalu dikerjakan oleh semua kementerian dan lembaga karena kami ingin terus memastikan bahwa tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik," ucapnya.

Ia mengatakan Kemendikbudristek telah menetapkan Renstra 2022-2024 yang sedang direvisi, target-target disesuaikan dengan berbagai macam asumsi akibat dampak pandemi COVID-19 yang sudah dua tahun dialami.

Suharti mengimbau agar target 2024 tercapai maka seluruh pejabat yang dilantik diminta untuk bisa bekerja dengan cepat, penuh inisiatif dan kreatif.

Para pejabat yang dilantik menggantikan pejabat yang lama juga diminta memperkuat segala sesuatunya dan menyiapkan strategi untuk membantu pimpinan dalam mencapai tujuan bersama.

"Dalam setiap pelantikan kami sampaikan tugas Kemendikbudristek itu amat berat, karena ikut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa, jadi siapapun yang terlibat di dalam Kemendikbudristek punya tanggung jawab besar," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan anggaran pendidikan keseluruhannya di 2022 ini sebesar Rp524 triliun, akan tetapi yang ada di dalam kendali Kemendikbudristek hanya 13 persen saja atau sekitar Rp72,99 triliun.

Ia menekankan kolaborasi harus dilakukan dengan berbagai pihak pemerintah daerah sebab merekalah pemegang anggaran yang paling besar. Sekitar 60 persen anggaran pendidikan ada di pemerintah daerah.

Di akhir sambutan, ia berharap semua pejabat yang dilantik hari ini benar-benar bersama bisa bahu membahu mendukung Mendikbudristek dalam mencapai tujuan organisasi.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA, mengucapkan selamat pada pejabat yang telah dilantik dan mengimbau agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai tupoksi masing-masing.

"Bagai yang menduduki jabatan eselon yang perlu disadari adalah tidak seluruh orang diangkat menjadi pemimpin dan mendapatkan amanah, oleh sebab itu jagalah amanah yang diberikan dengan bekerja ikhlas, jujur, berkomitmen serta profesional,"ucapnya.

Khusus di LLDIKTI Wilayah X terdapat satu pejabat struktural yang baru dilantik yaitu Rahmi, M.Si sebagai Kepala Bagian Umum.

Rahmi berharap dengan jabatan baru yang ia terima semoga bisa memberikan kontribusi untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Serta juga terdapat tiga pejabat fungsional yang baru dilantik yaitu Taufik, S.Sos sebagai Analis Kepegawaian Ahli Muda, Ely Susanti, MM sebagai Analis Kepegawaian Ahli Madya, Adelia Pramita Sari, M.S.Ak sebagai Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.

Salah satu pejabat fungsional Ely Susanti, MM sebagai Analis Kepegawaian Ahli Madya mengatakan ke depan pihaknya akan mengembangkan kinerja dosen terutama melalui tridarma berupa riset dan pengabdian masyarakat.

"Kemudian dosen juga harus memiliki luaran berupa jurnal baik nasional maupun internasional dan sebagainya sehingga peningkatan mutu dosen bisa melalui akademik, dan ada juga workshop serta pelatihan," ucap Ely.