Kurangi penganggur, Pemkot Padang Panjang bekali masyarakat bermacam keterampilan

id padang panjang

Kurangi penganggur, Pemkot Padang Panjang bekali masyarakat bermacam keterampilan

Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan DPMPTSP, Mardi Suntami. (ANTARA/Rifna Andrul Ain)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus menelurkan program untuk mengurangi jumlah penganggur di daerah itu, diantaranya pelatihan untuk memberikan bekal keterampilan untuk warga setempat.

Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan DPMPTSP, Mardi Suntami di Padang Panjang, Selasa, menyampaikan ada beberapa pelatihan yang akan diadakan di antaranya pelatihan Satpam yang direncanakan bekerja sama dengan PT. Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS), pelatihan Bahasa Jepang yang direncanakan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yaruki, dan pelatihan operator alat berat.

"Semua pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pemko dalam menekan angka pengangguran di Padang Panjang. Berdasarkan data kartu AK1 di DPMPTSP tahun 2021, ada sebanyak 313 orang pencari kerja," katannya.

Untuk persyaratan peserta pelatihan ini, khusus warga Padang Panjang minimal lulusan SMA dan belum pernah mendapatkan pelatihan yang diadakan Pemko selama dua tahun terakhir dan pelaksanaan pelatihan ini akan dilaksanakan di triwulan pertama.

"Untuk saat ini pelatihan Bahasa Jepang dalam proses seleksi. Jika peserta melebihi target akan kami seleksi dan 16 orang yang berprestasi akan difasilitasi keberangkatannya magang ke Jepang yang sudah dianggarkan dari APBD 2022 ini," jelasnya.

Sedangkan untuk pelatihan Satpam dan operator alat berat belum ditentukan kapan akan dimulai, katanya.