Tim Pengabdian Unand lakukan pemeriksaan gula darah asam urat hingga kolesterol

id unand, berita padang, berita sumbar

Tim Pengabdian  Unand lakukan pemeriksaan gula darah asam urat hingga kolesterol

Pemeriksaan gula darah oleh Tim Pengabdian Masyarakat Unand. (Antara/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Masyarakat dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Padang melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat di Nagari Kambang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tanda tanda vital, gula darah, asam urat, dan kolesterol, kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unand Yulizawati, S.ST., M.Keb di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan yang menjadi sasaran kegiatan ini seluruh masyarakat yang ada di Nagari kambang Utara.

Sebelum dilakukan pemeriksaan tenaga kesehatan memberikan Komunikasi Informasi dan Edukasi mengapa kesehatan itu penting dan pemeriksaan itu perlu dilakukan secara berkala.

Jumlah masyarakat yang melakukan pemeriksaan mencapai 84 orang yang sebagian besar terdiri dari lansia dan mengalami hipertensi.

Dari sini kita dapat menilai betapa pentingnya kesehatan bagi masyarakat, terlihat dari antusias masyarakat yang datang untuk mendapatkan pemeriksaan, ujarnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengambil tema “Pemberdayaan kader kesehatan untuk optimalisasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB) di masa pandemi COVID-19, sehingga terwujud kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 12 orang panitia yang terdiri dari dosen beberapa mahasiswa.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022