UNP bedah buku Autobiografi Guru Besar Pedagogik Keolahragaan

id unp

UNP bedah buku Autobiografi Guru Besar Pedagogik Keolahragaan

Dekan FIK UNP Prof Alnedral, M.Pd., yang juga sebagai narasumber ketiga menceritakan bagaimana Prof Gusris dari masa kecil hingga sekarang dengan menggunakan konsep budaya minang (ANTARA/Humas UNP)

Padang ​​​​​​​ (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan bedah buku Autobiografi Guru Besar Pedagogik Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) berjudul “Lika Liku Menggapai Guru Besar Pedagogik Olahraga".

Kegiatan bedah buku dilaksanakan secara daring, Selasa, dengan menghadirkan tiga narasumber yakni Prof. Drs. Toho Cholik Mutohir, MA., Ph.D. berasal dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd. dan Prof. Dr. Alnedral, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP.

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D. menyampaikan selamat dan sukses kepada Prof Gusril, M.Pd. atas karya besarnya sebuah buku autobiografi bisa menjadi sumber inspirasi, kearifan dan sumber pembelajaran.

Rektor UNP menyampaikan kepada guru besar lain untuk bisa juga menghasilkan sebuah autobiografi yang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda dalam meniti karir akademisnya sampai menjadi guru besar.

Sementara itu, Ketua Senat UNP Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, Ph.D. menyatakan bahwa Prof. Dr. Gusril, M.Pd. mempunyai arsip dokumen pribadi yang lengkap dan rapi sehingga beliau dapat membuat autobiorafi secara komprehensif disertai perjuangan yang keras dalam menggapai guru besar pedagogik.

Pembicara pertama Prof. Drs. Toho Cholik Mutohir, Ph.D. menyampaikan Prof. Dr. Gusril, M.Pd., adalah sosok yang punya semangat yang tahan banting dalam menghadapi perjalanan hidupnya.

"Prof. Dr. Gusril, M.Pd., mampu mengontrol emosi khususnya dalam situasi sulit untuk mengubah sesuatu yang kurang beruntung menjadi suatu keberuntungan baginya," ucapnya.

Narasumber kedua Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd. mengungkapkan Prof Gusril merupakan sosok yang berani, tulus dan jujur dalam menghadapi kehidupannya.

"Prof Dr Gusril, M.Pd. ulet dan gigih dalam mencapai keinginannya khususnya dalam mencapai gelar guru besar pedagogik," kata mantan atasan Prof Gusril, M.Pd. di Program Pascasarjana UNP.

Di samping itu, Prof Alnedral, M.Pd., sebagai narasumber ketiga menyampaikan buku beliau ini menceritakan bagaimana beliau dari masa kecil hingga sekarang dengan menggunakan konsep budaya minang.

"Dalam buku ini kita belajar bagaimana bahwa setiap manusia memiliki potensi, dan potensi perlu diasah, ditekuni dan dijalani dengan kesabaran, keikhlasan dan terutama ada dukungan keluarga," ujar dia.

Kegiatan acara bedah buku yang dimoderatori oleh Dr Suryanef, M.Si., dihadiri oleh para pimpinan UNP, Pimpinan fakultas, para undangan, mahasiswa dan alumni FIK UNP.

Kegiatan bedah buku ini juga bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis UNP ke 67 dan kegiatan ini mendapat respon positif dari para peserta.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022