Badan Intelijen Negara daerah Sumbar adakan ini di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,BIN

Badan Intelijen Negara daerah Sumbar adakan ini di Pesisir Selatan

Foto bersama pada rangkaian kegiatan vaksinasi oleh BINDA Sumbar. (Antarasumbar/HO-BIN Daerah Sumbar)

Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya kami laksanakan,
Painan (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) daerah Sumbar kembali mengadakan vaksinasi bagi pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang dipusatkan di SMKN 1 Painan, dan di GOR Zaini Zein, Selasa.

"Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya kami laksanakan, setelah sebelumnya digelar pada akhir Agustus 2021," kata Wakil Penanggungjawab Vaksinasi Binda Sumbar, Budiman di sela kegiatan.

Ia menambahkan, secara nasional target vaksinasi sekitar 208 juta orang, dan hingga saat ini baru terealisasi sekitar 90 juta atau 32 persen.

"Khusus di Sumbar kami terus mendorong agar jumlah masyarakat yang divaksin terus meningkat, salah satunya melalui kegiatan ini," kata dia.

Kendati demikian, lanjutnya pelaksanaan vaksinasi masih menemui kendala, salah satunya masih ada masyarakat yang enggan divaksin karena terpengaruh informasi hoaks.

"Hal ini harus diantisipasi bersama, terutama mengubah cara pandang masyarakat terkait vaksin," ungkapnya.

Secara umum, lanjutnya pemulihan ekonomi nasional tergantung pada capaian vaksinasi, karena semua sektor akan dibuka apabila capaian vaksinasi sudah baik, dan kekebalan komunal terwujud.

"Terkait hal itu makanya pemerintah terus mengejar target vaksinasi dengan memberdayakan semua lini," ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi yang diselenggarakan Binda Sumbar dengan menggandeng pemerintah daerah telah terlaksana di Kabupaten Padang Pariaman, Dharmasraya, Pesisir Selatan, dan sebagian diantaranya ditinjau secara virtual oleh Presiden Jokowi.

Kabag Ops BINDA Sumbar, Achmad Dailimy mengatakan, target capaian hari ini sebanyak 2.000 pelajar, dan 500 warga.

"Untuk pelajar dipusatkan di SMKN 1 Painan, kemudian untuk masyarakat dipusatkan di GOR Zaini Zein, selanjutnya "door to door" menyasar kampung nelayan di Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai," jelasnya.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak dan ia mengharapkan agar vaksinasi dapat mencapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Ia mengungkap di Pesisir Selatan penanggulangan COVID-19 dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Mudah-mudahan dengan cara itu penyebaran COVID-19 bisa diminimalkan," katanya lagi.