Dengan cara ini, LLDIKTI Wilayah X tingkatkan mutu perguruan tinggi swasta

id berita padang,berita sumbar,mutu

Dengan cara ini, LLDIKTI Wilayah X tingkatkan mutu perguruan tinggi swasta

Gedung LLDIKTI Wilayah X di Padang. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Sehingga untuk menjamin mutu tersebut diperlukan dokumen-dokumen kebijakan, pendukung dari mutu itu sendiri
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X tingkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) melalui Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (Bimtek SPMI) yang akan digelar mulai 27 hingga 30 September 2021.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA melalui sambungan telepon, Kamis, mengatakan PTS harus menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan sesuai standar dari Kemendikbudristek.

"Sehingga untuk menjamin mutu tersebut diperlukan dokumen-dokumen kebijakan, pendukung dari mutu itu sendiri. Selama ini terutama bagi yang baru, mereka belum paham tentang SPMI, maka kami adakan Bimtek ini," ujar dia.

SPMI merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Bimtek SPMI bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pandangan secara teknis bagaimana SPMI direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan dan dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi.

Kegiatan Bimtek ini awalnya akan ditujukan untuk Perguruan Tinggi yang berada di Provinsi Riau dan Kepri, yang pelaksanaannya akan dilakukan di Pekanbaru secara luring.

Pihaknya mengharapkan PTS dapat menugaskan dua orang peserta yang terdiri dari Ketua dan anggota Tim Penjaminan Mutu untuk melakukan daftar ulang melalui tautan http://bit.ly/regspmi_riaukepri.

Konfirmasi pendaftaran ulang akan diterima paling lambat pada 24 September 2021, pukul 12.00 WIB. Bagi peserta yang tidak melakukan daftar ulang, akan dianggap mengundurkan diri dan digantikan dengan perguruan tinggi lain.

Peserta diwajibkan membawa kelengkapan untuk acara berupa Laptop, Softcopy Dokumen Kebijakan, Softcopy Dokumen Standar, Softcopy Dokumen Formulir, Softcopy Dokumen Manual, dan Softcopy Instrumen Akreditasi Evaluasi Diri.

Panitia hanya menanggung akomodasi tidak termasuk transportasi peserta. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Putra Heriyadi (081374244313) dan Jerry Citra (081363220022).

Prof Herri menambahkan pelaksanaan Bimtek ini berdasarkan atas permintaan dari PTS dan diadakan di semua wilayah. Apabila seluruh wilayah ingin adakan Bimtek tersebut maka waktu pelaksanaan akan dibagi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021