Hadirkan rasa aman ditengah masyarakat, personel Polresta Padang gunakan ini untuk patroli (Video)

id berita padang,berita sumbar,sepeda

Hadirkan rasa aman ditengah masyarakat, personel Polresta Padang gunakan ini untuk patroli (Video)

Personel Satuan Sabhara Polresta Padang melakukan patroli dengan sepeda di kawasan Pasar Raya Padang, Kamis (9/9). (ANTARASUMBAR/HO-Polresta Padang)

Ini adalah bentuk pelayanan kami terhadap masyarakat,
Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggalakkan patroli rutin polisi untuk menyambangi masyarakat daerah setempat setiap hari.

Uniknya, dalam melaksanakan patroli "Gowes Presisi" itu, sepuluh personel yang ditunjuk setiap harinya berkeliling menggunakan sepeda kayuh.

"Ini adalah bentuk pelayanan kami terhadap masyarakat, dimana polisi melakukan patroli serta menyambangi masyarakat menggunakan sepeda," kata Kepala Satuan Sabhara Polresta Padang, Kompol Sayuti di Padang, Kamis.

Ia mengatakan patroli tersebut setiap harinya menyasar kawasan Pasar Raya Padang, perumahan warga, serta titik-titik keramaian di kota setempat.

Tujuan kegiatan adalah memperluas jangkauan layanan oleh Polri serta menghadirkan rasa aman di tengah masyarakat.

"Dengan kehadiran polisi di lapangan diharapkan aksi kejahatan serta tindak pidana lainnya bisa dicegah, terutama 3 C (pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor)" jelasnya.

Selain itu, lanjutnya saat patroli personel juga memberikan himbauan agar mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah dan menanggulangi COVID-19.

"Jika ada warga yang terlihat tidak memakai masker atau cara memasangnya tidak benar, maka petugas akan berhenti untuk memberikan teguran," katanya.

Jika menemukan kerumunan serta tidak ada pembatasan jarak, lanjutnya personel juga akan membubarkan kerumunan tersebut.

Namun demikian, Sayuti menyatakan patroli itu pihaknya tidak melakukan penindakan hukum, melainkan hanya teguran lisan secara humanis.

"Kegiatan patroli dengan menggunakan sepeda ini akan terus kami rutinkan setiap hari dengan menyasar tempat-tempat keramaian," katanya.



Video: Dok. Polresta Padang