Masjid Jamik Surau Gadang, salah satu masjid tertua di Bukittinggi ini segera direnovasi

id Renovasi

Masjid Jamik Surau Gadang, salah satu masjid tertua di Bukittinggi ini segera direnovasi

Rencana awal desain Masjid Jamik Surau Gadang yang masih dalam tahap proses penyempurnaan. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Masjid Jamik Surau Gadang, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang merupakan salah satu masjid tertua di "Nagari Kurai" Bukittinggi akan direnovasi total, kegiatan itu akan dimulai pada 2022.

"Masjid Jamik Surau Gadang telah menyepakati bersama tokoh adat, alim ulama serta perwakilan Nagari untuk dilakukan rehab total mulai 2022, Alhamdulillah kami telah bermufakat bersama dengan penunjukan ketua pembangunan beberapa waktu lalu," kata Ketua Masjid Jamik Surau Gadang, Heru Tri Astanawa di Bukittinggi, Minggu.

Ia menjelaskan, rencana biaya awal pembangunan mencapai Rp30 miliar dengan ketua pelaksana pembangunan Masjid Jamik Surau Gadang disepakati diamanahkan kepada Syahrizal Dt. Palang Gagah yang juga menjabat sebagai Ketua LKAAM Kota Bukittinggi.

"Dari beberapa kali pertemuan rapat antara pengurus dengan perwakilan tokoh masyarakat, Inyiak Syahrizal Datuak Palang Gagah dibantu oleh Nofrizal Usra dan Asril sebagai ketua satu dan dua, beliau berdua merupakan anak nagari Mandiangin yang saat ini dipercayai mewakili masyarakat sebagai anggota DPRD Kota Bukittinggi," kata Heru.

Ia mengatakan, renovasi Masjid Surau Gadang tetap memperhatikan dan mempertahankan ciri khas dari bangunan masjid sebelumnya sesuai kesepakatan bersama perwakilan masyarakat.

"Kita telah mempresentasekan maket atau rencana awal bentuk bangunan baru dari masjid, kemudian akan kembali dievaluasi dan disesuaikan dengan masukan dan permintaan dari perwakilan masyarakat yang sebagian besarnya ingin mempertahankan bentuk atap masjid," kata Heru.

Ia menambahkan, biaya rehab total masjid yang terletak di lima buah persimpangan di Kota Bukittinggi itu akan dicarikan dari donatur daerah setempat dan perantauan serta bantuan dari pemerintah atau swasta.

"Kita berharap bantuan materi dan non materi dari pihak mana saja demi kelancaran pembangunan nantinya, InsyaaAllah secepatnya panitia pembangunan yang ditunjuk akan memulai tahap pencarian dan pengumpulan dana," kata dia.

Ia menambahkan, rehab Masjid Jamik Surau Gadang juga pernah dilakukan sebelumnya dengan beberapa kali renovasi besar-besaran untuk penambahan kapasitas jamaah beribadah.

Masjid Jamik Surau Gadang terletak di persimpangan antara Kelurahan Campago Guguk Bulek, Kelurahan Campago Ipuah dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar