Padang Selatan luncurkan Program Berseri bantu warga yang membutuhkan

id berita padang,berita sumbar,imran

Padang Selatan luncurkan Program Berseri bantu warga yang membutuhkan

Kepala Polresta Padang, Kombes Pol Imran Amir menyerahkan bantuan sembako kepala salah satu warga kurang mampu, yang merupakan hasil pengumpulan dana dari Program Berseri yang hari ini resmi diluncurkan. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Ini adalah kegiatan sosial yang luar biasa,
Padang (ANTARA) - Kecamatan Padang Selatan melalui Kelurahan Mata Air meluncurkan Program Berbagi Seribu Rezeki (Berseri) yang digelar setiap hari Jumat guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Polresta Padang, Kombes Pol Imran Amir yang hadir dalam peluncuran program tersebut di Padang, Senin, mengatakan hari ini ia akan menyampaikan kepada Wali Kota (Wako) Padang mengenai program tersebut agar bisa diterapkan di seluruh kelurahan di Padang.

"Ini adalah kegiatan sosial yang luar biasa, saya minta Wako Padang supaya program ini diluncurkan di seluruh kelurahan, karena situasi pandemi COVID-19 ini banyak ekonomi masyarakat yang terdampak," ucapnya.

Ia mengatakan melalui program ini akan muncul sifat-sifat kegotongroyongan antar masyarakat sehingga bisa membantu masyarakat yang terkendala dalam hal ekonomi.

"Dengan program seribu setiap Jumat yang dikumpul masyarakat, jika disini ada 12 ribu orang kalau dikumpulkan sebulan bisa mencapai Rp12 juta," sebutnya.

Pihaknya dari unsur Bhabinkamtibmas di tingkat kelurahan bersama Babinsa akan terus mendorong seluruh kelurahan di Kota Padang agar dapat mencontoh kegiatan yang positif ini.

Dalam kesempatan itu, Camat Padang Selatan, Teddy Antonius menyampaikan kegiatan itu membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat serta meningkatkan kepedulian sesama umat.

Ia mengatakan selama pandemi banyak masyarakat yang terdampak sehingga menurut data dari KUA Padang Selatan, perceraian tertinggi terjadi di tahun ini dan tahun lalu yang salah satu alasannya adalah faktor ekonomi.

"Dengan hadirnya program ini yang digagas oleh Kapolsek Padang Selatan bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM dan Kelurahan Mata Air dapat meringankan beban keluarga yang terdampak pandemi," ucapnya.

Disisi lain Lurah Mata Air, Betty Ernita menyampaikan program jangka panjang Berseri ini dari kelurahan adalah akan memberi pelatihan kepada masyarakat penerima bantuan tersebut.

"Kami akan adakan pelatihan, warga yang kurang mampu akan dimotivasi untuk mandiri sehingga punya keahlian dan memperbaiki ekonominya," ucapnya.

Ia mengatakan Program Berseri ini baru pertama kali dijalankan di RW 012 dan berikutnya akan dilakukan sosialisasi ke RW lainnya untuk ikut melaksanakan program itu setiap hari Jumat.

Sementara Bhabinkamtibmas Kelurahan Mata Air, Aibda Nofri mengatakan kegiatan ini digelar sekaligus untuk merayakan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke 75 yang akan jatuh pada 1 Juli 2021.

"Kegiatan ini berkaitan karena masih belum berakhirnya pandemi COVID-19, kita pasti akan hidup berdampingan dengan virus ini, maka perlu adanya pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang," ucapnya.

Di bidang kesehatan pihaknya telah melaksanakan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan kongsi COVID-19 untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 di Kelurahan Mata Air. Bidang ekonomi, dengan memancing UMKM untuk tetap produktif di masa pandemi.

Untuk pemberdayaan sosial pihaknya akan bergotong royong bersama masyarakat untuk membantu keluarga yang kurang mampu ataupun terkena COVID-19 di lingkungannya.