Ini harus dipunyai sekolah swasta untuk jadi daya tarik siswa baru

id berita padang,beriat sumbar,unp

Ini harus dipunyai sekolah swasta untuk jadi daya tarik siswa baru

Pakar Pendidikan UNP Dr Fitri Arsih. (Antarasumbar/HO-UNP Padang)

Sekolah swasta harus punya keunggulan, dan mempunyai ciri khas seperti dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarananya, hingga keterampilan yang diajarkan,
Padang (ANTARA) - Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Dr Fitri Arsih mengatakan sekolah swasta harus memiliki ciri khas guna menarik siswa baru.

"Sekolah swasta harus punya keunggulan, dan mempunyai ciri khas seperti dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarananya, hingga keterampilan yang diajarkan," kata dia di Padang, Senin.

Selain itu, sekolah swasta harus melakukan inovasi dan memperbaiki mindset tentang sekolahnya di tengah masyarakat.

Fitri mengatakan jika sekolah sudah mempunyai kelebihan dan ciri khas, mengakibatkan sekolah swasta tersebut menjadi berkualitas.

Menurut dia, jika sekolah sudah berkualitas maka orang tua tidak akan segan menggelontorkan jumlah uang yang besar demi proses pembelajaran anaknya.

Sebab, besaran uang sekolah sesuai dengan proses, sarana keterampilan dan pengetahuan yang akan dimiliki siswa saat menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Untuk mempunyai kelebihan dan ciri khas, Fitri menekankan sekolah swasta harus mempunyai ide-ide inovasi yang kreatif harus terus dikembangkan agar sekolah swasta bisa bersaing dengan sekolah negeri.

"Management sekolah swasta harus dapat menjelaskan kepada calon wali murid tentang bidang ilmu yang menonjol di sekolah tersebut sehingga bisa membuat orang tua bangga ketika anaknya bersekolah di sekolah swasta tersebut," ucap Fitri.

Selain itu, Fitri Arsih mejelaskan, dengan memanfaatkan media sosial yang terus berkembang saat ini, menjadi media bagi sekolah swasta dalam membranding sekolahnya sehingga lebih baik.

Melalui media sosial, media cetak, dan media elektronik, sekolah swasta dapat menonjolkan sisi terbaik sekolahnya, seperti mengorbitkan siswa-siswinya yang berprestasi, dan menjelaskan prestasi dari alumni-alumninya.

"Yang jelas, selain ketua yayasan, kepala kepala sekolah harus bisa memanagement semua unsur yang ada di sekolah swasta tersebut," ujar dia.

Saat ini, penerimaan siswa dengan sistim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi, menyebabkan penerimaan siswa baru di sekolah negeri berdasarkan jarak terdekat dari rumah ke sekolah berdampak cukup signifikan terhadap penerimaan di sekolah swasta.

Sistim penerimaan melalui jalur PPDB menyebabkan minat wali murid menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta jauh menurun.

Sekolah swasta harus melakukan berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat dalam menyekolahkan anaknya. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kuota rombongan belajar dari peserta didik baru agar terpenuhi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar