Dua tim Kementerian RI kunjungi UNP tinjau persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2022

id berita padang,berita sumbar,unp

Dua tim Kementerian RI kunjungi UNP tinjau persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2022

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D (tengah) berfoto bersama Tim Puspresnas-Kemendikbudristek, Tim Kemenpora, Bapomi, dan lembaga terkait lainnya dalam acara Rapat Koordinasi Persiapan POMNas XVII tahun 2022 di UNP, Padang, Sumbar. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Kami ingin melihat kondisi venue karena sudah mendekati 2022 dan kami tidak ingin persiapan ini hanya sebatas ceremony saja tapi juga ada prinsip dari olahraga itu yakni bagaimana membawa masyarakat kita sehat,
Padang (ANTARA) - Dua tim Kementerian RI meninjau persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII tahun 2022 yang tuan rumahnya dari Provinsi Sumatera Barat, bersama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) yang menjadi sentral penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Dua tim itu yakni dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Koordinator Pokja Dikti dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas)-Kemendikbudristek Rizal Alfian di Padang, Rabu mengatakan kedatangannya untuk visitasi sekaligus berkoordinasi terkait persiapan POMNas tersebut.

"Kami ingin melihat kondisi venue karena sudah mendekati 2022 dan kami tidak ingin persiapan ini hanya sebatas ceremony saja tapi juga ada prinsip dari olahraga itu yakni bagaimana membawa masyarakat kita sehat," ucapnya.

Ia mengatakan prestasi di bidang olahraga perlu disiapkan secara strategis tidak hanya di level mahasiswa tapi sejak dari usia dini, bila perlu dimulai dari PAUD.

Rizal menyampaikan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pada POMNas itu selain dari venue juga terkait pembagian peran masing-masing lembaga, dan waktu pelaksanaan.

Ia berharap waktu pelaksanaan POMNas bisa diselesaikan sebelum diselenggarakannya Universiade yang merupakan pesta olah raga yang diselenggarakan oleh Internasional University Sport Association.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor III UNP Hendra Syarifuddin menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan semula direncanakan pada Oktober 2022, namun pemerintah pusat ingin lebih cepat, untuk antisipasi pengiriman mahasiswa ke tingkat internasional.

Untuk menentukan waktu pelaksanaan tersebut maka masih perlu dibahas lagi dalam Rapat Koordinasi Persiapan POMNas XVII tahun 2022 yang digelar mulai hari ini sampai Kamis bersama Tim Kemenpora, Puspresnas dan lembaga terkait lainnya.

Hendra yang juga Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumbar mengatakan dalam pengusulan awal ada 23 cabang olahraga yang diperlombakan namun masih perlu dievaluasi mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Ia berharap POMNas bisa terselenggara dengan sukses baik dalam hal prestasi, penyelenggaraan dan juga sukses administrasinya.

Disisi lain, Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D menyampaikan apresiasi atas ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah pelaksanaan POMNas XVII tahun 2022.

Ia mengatakan telah menghadap Gubernur Sumbar menyerahkan proposal usulan kegiatan bersama Rektor Unand, Ketua LLDIKTI-X, Bapomi, dan Dispora.

"Alhamdulillah beliau mengapresiasi dan akan ikut membantu mensukseskan POMNas XVII karena ini menyangkut harga diri Sumbar," ucapnya.

Rektor mengatakan standar minimal untuk penyelenggaraan kegiatan nasional dalam hal sarana dan prasarana di Sumbar sudah bisa terpenuhi.

"Khusus di UNP, apabila ada fasilitas yang belum memenuhi syarat maka kami akan segera lengkapi karena masih ada waktu," ucap Rektor.