Dirjen KP serahkan kredit lunak Rp1,23 miliar ke kelompok nelayan Pessel

id berita pesisir selatan,berita sumbar,dirjen

Dirjen KP serahkan kredit lunak Rp1,23 miliar ke kelompok nelayan Pessel

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti bersama Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Saya berharap kelompok dan nelayan yang menerima bantuan agar lebih giat berusaha dalam rangka meningkatkan ekonomi. Kemudian manfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya,
Painan (ANTARA) - Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti menyerahkan bantuan pinjaman modal kerja ke nelayan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Jumat.

"Bantuan pinjaman tersebut berbentuk kredit lunak yang bersumber dari Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP)," kata Artati didampingi Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah disela kegiatan di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Kelompok penerima yakni Kelompok Harapan Jaya Bagan Sutera yang bergerak bidang usaha perikanan tangkap Rp800 juta, Musrial yang bergerak di usaha perikanan tangkap Rp140 juta.

Berikutnya, Syafril Sani yang bergerak di usaha perikanan tangkap Rp140 juta, Afrijan usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan Rp40 juta, dan Syafriyaldi usaha perikanan budidaya ikan lele Rp115 juta.

"Saya berharap kelompok dan nelayan yang menerima bantuan agar lebih giat berusaha dalam rangka meningkatkan ekonomi. Kemudian manfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya," sebutnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Yosmeri, mengatakan, bantuan pemerintah untuk nelayan bertujuan meningkatkan usaha sektor perikanan sebagai bentuk pembinaan agar bisa mandiri.

"Kami berharap bantuan ini jangan sampai disalahgunakan, kemudian dinas terkait hendaknya melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap nelayan penerima bantuan," imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian terhadap pengembangan usaha nelayan di daerah setempat.

"Semoga dengan bantuan itu usaha perikanan semakin berkembang sehingga berdampak terhadap ekonomi nelayan, dan juga berharap agar bantuan dan pembinaan dilaksanakan secara berkesinambungan," katanya lagi.

Dalam kesempatan itu juga hadir Komandan Lantamal II/Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal, dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain menyerahkan bantuan pinjaman modal kerja, dalam kesempatan itu Artati dan tim juga berdialog dengan nelayan, berkunjung ke keramba kerapu di perairan Sungai Nyalo, meninjau lokasi situs tenggelamnya kapal MV Boelongan di Teluk Mandeh, dan lainnya.