Bupati Pesisir Selatan luncurkan program pendidikan gratis

id PesisirSelatan, Sumbar, Berita Sumbar

Bupati Pesisir Selatan luncurkan program pendidikan gratis

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar berfoto bersama usai peluncuran program pendidikan gratis. ( (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar meluncurkan program pendidikan gratis yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara usai dilaksanakannya upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Minggu

"Dengan dilepaskannya balon ke udara, maka pendidikan gratis di Pesisir Selatan resmi dimulai," kata Rusma di Painan.

Ia menambahkan, pada tahap awal pendidikan gratis dilaksanakan di tingkat SD dan SMP sederajat, dengan alokasi anggaran yang disiapkan Rp5,4 miliar.

Sesuai rencana awal, ungkapnya, pendidikan gratis mencakup hingga tingkat SMA sederajat, namun urung terlaksana karena anggaran daerah tersedot untuk penanganan pandemi COVID-19.

"Tahun depan kami berupaya maksimal agar program ini juga menyasar jenjang SMA sederajat," imbuhnya.

Ia menyebut, peluncuran program pendidikan gratis merupakan upaya merealisasikan salah satu janji kampayenya pada Pilkada 2020.

Program pendidikan gratis merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi setempat yang berakhlak, dan beriman.

Pendidikan gratis di Pesisir Selatan dipopulerkan dengan nama "Tacelak" yang kepanjangannya tangguh, cerdas dan berakhlak, dalam kamus Minang-Indonesia kata "tacelak" berarti terlihat jelas atau memiliki daya tarik.

Tangguh, bermakna sukar dikalahkan, andal dan berdaya saing, tidak hanya regional, tapi juga nasional, namun juga internasional.

Berikutnya, cerdas, bermakna sempurna dalam perkembangan akal budi untuk berfikir, tajam pemikiran, dan memilik nilai-nilai kreatifitas yang tinggi.

Selanjutnya, berakhlak, bermakna memiliki budi pekerti yang luhur dengan dasar keimanan. “Ini harus jadi cita-cita dan semangat kita bersama,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu hadir Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Pj Sekretaris Kabupaten, Emirda Ziswati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suhendri, anggota forkopimda dan pejabat lainnya.(*)

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar