Ini upaya TP PKK Tanah Datar agar produk UMKM bisa dipasarkan secara daring

id Ny. Lise Eka Putra,UMKM Tanah Datar,berita Tanah Datar,Tanah Datar terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Ini upaya TP PKK Tanah Datar agar produk UMKM bisa dipasarkan secara daring

Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra. (Antara/Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan mengupayakan seluruh hasil produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) daerah itu bisa dipasarkan secara online atau dalam jaringan (daring).

"Kami akan berupaya bagaimana UMKM maupun masyarakat yang punya usaha dan produk untuk dipasarkan secara daring, karena saat ini eranya digital," kata Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Karena menurutny di Tanah Datar banyak potensi yang bisa digali untuk dapat meningkatkan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Untuk itu ia meminta semua elemen terkait dapat bersinergi dan saling mendukung sehingga TP PKK kabupaten hingga nagari dapat bekerja maksimal dan Tanah Datar lebih maju lagi.

"Banyak yang bisa digali di Tanah Datar, namun terkadang malas menggalinya, banyak hal yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat untuk itu perlu usaha ke arah itu," katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Darfizal mengatakan dalam meningkatkan motivasi pelaku Usaha Menengah Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19 pihaknya telah melakukan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha didaerah setempat.

Pelatihan usaha bagi pelaku UMKM tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian dan bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ia juga mendorong agar pelaku usaha mampu menyesuaikan diri dengan keadaan terkait pemasaran barang dagangan agar bisa memenuhi permintaan pasar.

"Setiap pelaku usaha kecil dan menengah di Tanah Datar kita dorong memasarkan barang dagangan secara online atau media sosial lainnya agar lebih dijangkau pembeli, apalagi disaat pandemi sekarang ini," katanya. (*)