Pemkab Pasaman Barat harapkan kerajinan batik tulis berkembang di masyarakat

id batik tulis pasaman barat, batik tulis,berita pasaman barat,berita sumbar

Pemkab Pasaman Barat harapkan kerajinan batik tulis berkembang di masyarakat

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pasaman Barat Titi Hamsuardi melihat batik tulis saat pelatihan dan pendidikan batik tulis, Selasa.

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengharapkan pengembangan kerajinan batik tulis di daerah itu untuk mendongkrak perekonomian warga.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pasaman Barat Titi Hamsuardi menyampaikan hal itu ketika pendidikan dan pelatihan batik tulis angkatan XII Nagari Desa Baru, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan itu penting dilakukan guna meningkatkan kemampuan pengrajin yang ada.

"Kita bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Padang untuk memberikan pendidikan kepada 60 orang pengrajin," katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada pengrajin batik tulis Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan.

Ia berharap batik tulis ini nantinya bisa menjadi batik kebanggaan khususnya di Pasaman Barat.

Menurutnya ia dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Balai Diklat Industri Padang yang bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Desa Baru ini.

Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat mengurangi jumlah pengangguran di daerah tersebut.

"Kita berharap kegiatan yang sifatnya memberikan pembekalan keahlian kepada generasi kita ini dapat dibentuk di setiap kenagarian. Tujuannya untuk mengurangi pengangguran dan memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," sebutnya.

Pelatihan batik tulis ini, katanya suatu hal yang sangat berharga. Setiap orang yang sudah mahir membuat karya batik tulis ini, juga telah ikut serta dalam pelestarian kesenian daerah itu sendiri.

"Kita berharap kesenian membatik ini nantinya terus digemari masyarakat terutama kalangan muda yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan ke depan," ujarnya.

Pelaksana Harian Dinas Koperindag Pasaman Barat Raf'an mengatakan batik tulis Desa Baru merupakan salah satu kerajinan yang ada di Pasaman Barat.

"Kegiatan ini digelar selama 16 hari dengan peserta 60 orang, ini merupakan kerjasama kita dengan Balai Diklat Industri Padang," sebutnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut, dapat memberikan peningkattan ilmu terhadap pengrajin seperti, keberagaman motif, hasil lebih halus hingga produk mudah untuk dipasarkan.

"Kita sebagai Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat siap untuk memasarkan hasil produksi batik tulis ini. Tidak hanya di Pasaman Barat tetapi hingga ke luar daerah," tegasnya. ***1***