Wabup Pessel minta perangkat daerah pastikan data penduduk akurat

id berita sumbar,berita pessel,berita painan

Wabup Pessel minta perangkat daerah pastikan data penduduk akurat

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah (Kanan). (ANTARA/ist).

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah meminta perangkat daerah memiliki data yang akurat terhadap program yang dijalankan, dengan tujuan agar program pembangunan yang direncanakan itu sesuai dengan kebutuhan, termasuk potensi dan jumlah penduduk.

"Keberadaan data kependudukan saat ini sangat penting dan strategis. Hal itu bertujuan untuk memastikan hak masyarakat serta menentukan kebijakan dan arah perencanaan pembangunan kedepan," tegas Rudi di Painan, Selasa (9/3).

Ia mengatakan karena memiliki peranan yang sangat penting, maka data kependudukan tidak boleh diabaikan, termasuk di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian pemerintah daerah juga terus berkomitmen mensukseskan program strategis nasional bidang kependudukan dan pencatatan sipil antara lain melakukan pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan dan penerapan KTP elektronik.

Selain memberikan jaminan terhadap masyarakat dalam mendapatkan kepemilikan data diri, perencanaan pembangunan daerah juga harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat.

Lebih lanjut disebutkan, evaluasi terhadap program pembangunan yang sudah dilaksanakan akan terus ditingkatkan. Sebab, melalui evaluasi itu, kematangan terhadap program yang akan dilaksanakan termasuk yang akan dilanjutkan pada tahun berikutnya bisa tercapai.

Program pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh semua perangkat daerah dilakukan evaluasi secara mendalam agar berbagai kendala dan kelemahan yang ditemui bisa diantisipasi.

"Langkah itu dilakukan agar kematangan terhadap program yang akan dilaksanakan dan yang akan dilanjutkan pada tahun berikutnya bisa tercapai secara maksimal," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar