Imigrasi Padang resmikan ruang pelayanan ramah HAM

id berita padang,berita sumbar,HAM

Imigrasi Padang resmikan ruang pelayanan ramah HAM

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Prasetya saat meresmikan ruang pelayanan ramah HAM di Kantor Imigrasi Padang, Selasa (26/1). (Antarasumbar/Istimewa)

Mereka tidak perlu antre serta mengakses pelayanan keimigrasian di ruang tunggu umum,
Padang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan ruang pelayanan ramah Hak Asasi Manusia (HAM) dalam momen peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-71.

"Keberadaan ruangan ini merupakan inovasi pada Kantor Imigrasi Padang demi menjawab tantangan kebutuhan layanan publik," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya di Padang, Selasa.

Hal itu dikatakannya dalam peringatan HBI ke-71 didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Syamsul Efendi Sitorus, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Muhamad Novyandri.

Ia mengatakan ruangan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat rentan dan berkebutuhan khusus sesuai dengan amanat oleh konstitusi.

Beberapa diantaranya adalah para lansia, penyandang disabilitas, dan balita yang membutuhkan pelayanan keimigrasian.

Ia menjelaskan dengan adanya ruangan tersebut para WNI ataupun WNA kaum rentan serta disabilitas dapat mengakses pelayanan pada satu tempat saja.

"Mereka tidak perlu antre serta mengakses pelayanan keimigrasian di ruang tunggu umum," jelasnya.

Selain itu Kantor Imigrasi Padang juga menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

"Di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi, kami menjalankan program pembuatan paspor secara komunal untuk menghindari kerumunan yaitu Eazy Pasport," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang Muhamad Novyandri.

Pada bagian lain, sebelum meresmikan ruang pelayanan ramah HAM, jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar juga mengikuti upacara peringatan HBI ke-71.

Upacara dilaksanakan secara Virtual melalui aplikasi Zoom yang terpusat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta.

Diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Struktural Divisi Keimigrasian, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang (26/1).

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan mengapresiasi kinerja seluruh Insan Imigrasi yang telah memaksimalkan peran di tengah pandemi COVID-19.