Menangkan poling API Award, warga Kampung Sarugo dalang donasi

id 50 Kota,API, Sumbar,Padang

Menangkan poling API Award, warga Kampung Sarugo dalang donasi

Kampung Sarugo Kabupaten Limapuluh Kota masuk menjadi salah satu nominasi API 2020. (ANTARA/Ist)

Sarilamak (ANTARA) - Warga Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menggalang donasi untuk memenangkan perkampungan wisata Kampung Saribu Gonjong (Sarugo) di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 sebagai Kampung Adat Terpopuler.

Wali Jorong Sungai Dadok Handrisman di Sarilmak, Minggu mengatakan penggalangan dana tersebut merupakan upaya dari warga sekitar untuk meningkatkan poling dan memenangkan perkampungan wisata yang berada di daerahnya tersebut di API Award 2020.

"Kami telah menggalang donasi semenjak Jumat (25/12). Kami menggalang donasi yang hasilnya dibelikan pulsa dan langsung dikirimkan untuk SMS memenangkan Kampung Sarugo," kata dia.

Ia mengatakan hingga saat ini donasi telah terkumpul sekitar Rp2 juta dan berharap usaha tersebut dapat menaikkan polling SMS Kampung Sarugo.

Berdasarkan data sampai dengan Sabtu (26/12), posisi pertama kampung adat terpopuler masih diraih oleh Desa Namata dengan jumlah poling 3.143 yang disusul Pelang Kenidai dengan poling 2.069.

Sedangkan Kampung Sarugo berada peringkat ketiga perolehan sementara pada poling Anugerah Pesona Indonesia Award 2020 sebagai Kampung Adat Terpopuler dengan total poling 1.743.

Selain itu, posisi keempat ada Rantau Panjang dengan poling 1.115, Karuaya 776 suara, Desa Pampang dengan poling 768, Cipta Gelar 735 suara, Desa Satualang dengan poling 203, Gumantar 164 suara dan Rumah Betong dengan total poling 125.

Cara mendukung Kampung Sarugo di API Award, yakni dengan cara ketik API (spasi) 13D kirim ke 99386 dan menyukai postingan instagram @apiaward kategori Kampung Adat Terpopuler yaitu Kampung Sarugo, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Perkampungan wisata adat Sarugo tersebut merupakan binaan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Moch Abdi mengatakan beberapa waktu lalu Kampung Sarugo sempat turun ke posisi empat di API Award Kategori Kampung Adat Terpopuler.

Namun, pihaknya terus melakukan strategi untuk meningkatkan polling hingga batas akhir di 31 Desember 2020 mendatang.

"Saat ini kami terus menggalang dukungan dari berbagai pihak baik itu pemerintah, komunitas, pelaku pariwisata, akademisi, media, dan stakeholder lainnya. Berharap nantinya dapat memberikan dampak positif bagi Kampung Sarugo yang kini mengikuti API Award 2020," katanya didampingi Kasi Promosi Disparpora Kabupaten Limapuluh Kota, Novi Rita.